GEMA MKGR Dukung Penuh Pemkot Bekasi Tangani Covid-19

Ketua GEMA MKGR Kota Bekasi, Syahrul Ramadhan

BEKASI-Ketua GEMA MKGR Kota Bekasi, Syahrul Ramadhan memberikan apresiasi dan dukungan mereka terhadap Pemerintah Kota Bekasi para pekerja medis dalam memerangi virus COVID-19.

Ia mengatakan pemerintah Kota Bekasi telah mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan, dan memuji pekerjaan para dokter dan petugas medis, yang terlibat dalam perjuangan khusus untuk kehidupan dan kesehatan semua orang.

“Kita bersyukur para pekerja medis dan Pemerintah Kota Bekasi telah bekerja keras untuk memerangi virus COVID-19,“ Kata pria yang akrab disapa buluk ini.

Syahrul menyerukan agar masyarakat mendukung dan mematuhi pemerintah dalam menangani penyebaran COVID-19.“ Masyarakat mesti mematuhi dan mengikuti anjuran pemerintah dalam melakukan “social distancing”,“ tuturnya.

“Hal itu bertujuan untuk memperlambat dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Wabah virus ini sangat cepat menyebar, kita harus menjaga kesehatan dan berdiam diri di rumah,” sambung Syahrul

Baca :  Jubir: Konfirmasi Positif Covid-19 Total Jadi 27 Kasus di Indonesia

Ia mengatakan pencegahan penularan virus merupakan hal yang harus diperhatikan serius oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Kita yang tinggal di negeri ini perlu memahami bagaimana mengantisipasinya agar tidak sampai terkena infeksi yang berbahaya ini,” ucapnya.

Ia pun meminta kepada para pemuda untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan bagaimana cara penyebaran COVID-19 dan langkah-langkah pencegahan penularan virus corona yang disarankan menurut WHO dan Kemenkes, salah satunya soal pentingnya mencuci tangan selama 20 detik.

“Sangat penting ya kita untuk mencuci tangan. Setiap habis bersentuhan dengan orang lain atau memegang benda-benda yang umumnya dipegang oleh orang banyak. Sebab kuman yang menempel di tangan itu memicu infeksi, apalagi kebiasaan kita kan sering banget menyentuh permukaan wajah,” katanya.

Baca :  Perangi COVID-19, KADIN Bersama Tzu Chi Galang Dana Rp500 Miliar

Syahrul menghimbau masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi situasi saat ini dan tetap proaktif jika merasa memiliki gejala-gejala COVID-19.

Ia meminta masyarakat sebaiknya segera menghubungi layanan kesehatan yang disediakan pemerintah dan melakukan tes cepat (rapid test) untuk pemeriksaan imuniglobulin sebagai screening awal.

“Rapid Test penting ya bagi yang memiliki gejala batuk, flu, sesak nafas dan demam selama tiga hari. Ini harus segera diperiksa, kalau hasil test dinyatakan positif maka si pasien ini harus mau diisolasi di rumah sakit,” katanya.

Ia memberi saran agar pemerintah segera meningkatkan dukungan yang diperlukan bagi fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan, termasuk menggratiskan biaya pengobatan dan biaya tes spesimen bagi mereka yang terpapar COVID-19.

Baca :  Kemenkeu Tidak Terbitkan Pendemic Bonds Untuk Pembiayaan COVID-19

Lanjut Syahrul, GEMA MKGR Kota Bekasi sebagai organisasi kepemudaan tidak hanya memberi saran ke pemerintah tetapi mengambil langkah kongkrit untuk membantu upaya pencegahan meluasnya penyebaran COVID-19.

“Kita rutin turun kemasyarakat melakukan langkah pencegahan dengan penyemprotan disinfektan dan membagikan masker juga Hand Sanitizer serta bagi sembako kepada yang membutuhkan,“ tegasnya.

Ia juga mengajak organisasi kepemudaan lainnya untuk bersama-sama mengerahkan seluruh kekuatannya untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan COVID-19.