Gerai Samsat TangCity Mall Genjot Pendapatan Daerah

Thursday 24 Jan 2019, 8 : 00 pm

TANGERANG-Pemprov Banten tidak main-main terkait mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Karena itu berbagai pembayaran pajak semakin dipermudah dan dipercepat, termasuk pajak kendaraan bermotor dan pengurusan STNK.

Oleh karena itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melalui Unit Pelaksan Teknis (UPT) Samsat Cikokol menggandeng TangCity Mall membuka Gerai Samsat di Area Rame-Rame Food Carnival, Lantai 2, TangCity Mall. “Target pendapatan bisa didapat. Juga masyarakat dimudahkan membayar pajak. Ini inovasi bagus. Nanti yang bayar bisa sambil main atau belanja,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim disela-sela sambutan peresmian di Kota Tangerang, Kamis (24/1/2019).

Oleh karena itu, Wahidin meminta agar Pemkot Tangerang mendukung penuh inovasi tersebut. Karena ini sebuah terobosan yang cukup maju. “Pemkot Tangerang harus membantu. Karena ada bagi hasil di situ. Jadi tolong saling bersinergi demi kemajuan Banten,” tambahnya.

Apalagi, kata Mantan Walikota Tangerang dua periode ini, gerai tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup potensial. “UPT Samsat Cikokol, cukup tinggi pendapatannya untuk Kota Tangerang dan Banten,” jelasnya

Dengan dibukanya gerai Samsat di TangCity Mall, sambung Wahidin, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan mengedukasi masyarakat dalam membayar pajak untuk pembangunan Provinsi Banten.

Sementara itu, menurut Kepala UPT Samsat Cikokol Syarifuddin, sebelum membuka di Tangcity Mall, sebenarnya pelayanan sudah ada di SuperMall Karawaci, Mall Benda, dan Alam Sutera.

Semakin banyaknya gerai pelayanan, kata keponakan Wahidin Halim, hal ini sebagai salah satu upaya memudahkan masyarakat Tangerang dan Banten untuk mengurus proses pembayaran pajak pengguna kendaraan bermotor. “Hingga saat ini, jumlah total gerai pelayanan pajak ada 11 yang berada di Samsat Cikokol,” jelasnya.

Menurut Syarifuddin, alasan membuka gerai di mall memang lantaran supaya masyarakat yang tidak sempat membayar di hari kerja bisa meluangkan waktu di hari libur. “Masyarakat juga kan bisa sambil mengajak keluarganya ke mall. Karena kita membuka pelayanan pada Sabtu dan Minggu dari jam 10.00 hingga 17:00 WIB,” ucapnya.

Lanjutnya, dengan menurunkan lima personil yang terdiri dari petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja, dan Bank Banten nantinya masyarakat akan terlayani secara online. “Artinya masyarakat yang berada di Tangerang Raya yakni yang berdomisili di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel bisa membayar pajak bermotor atau mengurus pengesahan STNK di Gerai Tangcity,” tuturnya.

Gerai Samsat Tangcity Mall akan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor atau mengurus pengesahan STNK mulai Senin sampai Sabtu pukul 10.00 – 17.00 WIB. Ada lima personel yang bertugas yakni petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja, dan Bank Banten dengan sistem administrasi yang terintegrasi secara online.

Pemilik kendaraan plat B yang berdomisili di Tangerang Raya yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel cukup membawa berkas persyaratan untuk mengurus pembayaran pajaknya seperti KTP, STNK asli, SKPD asli, serta BPKB atau keterangan leasing. Jika sesuai prosedur, urusan pembayaran pajak bisa rampung dalam lima menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank Asing Kucurkan US$500 Juta ke Charoen Pokphand

JAKARTA-Perbankan asing mengucurkan pinjaman sekitar US$500 juta untuk  perusahaan pakan

Ribuan Mahasiswa Makassar Dilatih Jadi Tenaga Ahli Konstruksi

MAKASSAR-Sektor konstruksi merupakan sektor yang memiliki risiko tinggi terkait keselamatan