Gerindra Hargai Revisi UU Ormas

Tuesday 31 Oct 2017, 3 : 50 pm

JAKARTA-Partai Gerindra menghargai revisi UU Ormas yang segera akan dilakukan DPR bersama pemerintah. Apalagi Perppu ormas sudah diterima dan resmi menjadi UU.

“Pemerintah sendiri sadar saat mengajukan sudah menyatakan siap untuk direvisi,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Menurut Riza, tafsir Pancasila tidak dilakukan secara sepihak oleh pemerintah dalam RUU Ormas. Dengan siap merevisi Perppu Ormas berarti pemerintah mengakui perlu ada penyempurnaan. “Jadi, semua peraturan itu harus berdasarkan konstitusi, keadilan, dan tidak melanggar HAM,” ujarnya.

Dikatakan, kalau UU Ormas itu tidak direvisi, maka ini sebagai bentuk represif, tidak arif, tak bijaksana, ambil jalan pintar untuk membubarkan ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila.

Berbicara Pancasila itu sudah selesai, karena tak ada ormas yang tidak berideologi Pancasila. “Tak ada ormas yang akan mengganti ideologi Pancasila. Kalau ada yang terbukti, mestinya pemerintah membimbing dan membina agar sejalan dengan Pancasila,” tambahnya.

Dia menilai tak bisa menyelesaikan persoalan bangsa ini secara represif, karena bangsa ini bangsa yang menjunjung tinggi gotong-royong, musyawarah-mufakat, dan seharusnya pemerintah menjadi mediator.

“Kalau tidak, berarti pemerintah gagal, atau setidaknya ada proses hukum untuk pembubaran ormas itu,” ungkapnya.

Riza menyontohkan seperti ujaran kebencian, seseorang yang terbukti melakukan itu, maka dikenai UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

“Jadi, ada proses hukum,” jelasnya.

Dengan demikian dia melihat tak ada alasan kegentingan yang memaksa, tak ada kekosongan hukum, dan untuk menjerat ormas yang menyimpang dari Pancasila, maka cukup dengan merevisi UU Ormas No.17 tahun 2013. ***

Don't Miss

CINEMA XXI

Semester I-2023, Pendapatan Naik 22%, Cinema XXI Raih Laba Rp215,1 Miliar

JAKARTA-PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk atau Cinema XXI (CNMA) mencatatkan

TPDI: Desakan Ganti Tjahjo Kumolo ‘Offside dan Politicking’

JAKARTA-Desakan Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi agar Presiden Joko Widodo turun