Gubernur Apresiasi Muktamar PKB

SURABAYA-Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengapresiasi muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  karena partai bentukan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini berhasil menjalankan proses demokrasi yang baik dan dilandasi musyawarah mufakat. Hal itu sejalan dengan kultur masyarakat Jatim yang menjunjung tinggi budaya musyawarah mufakat dan menghindari budaya tanding. “Ini sangat bagus, politik diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Ini produk demokrasi yang bagus, karena itu saya memberikan apresiasi kepada Muktamar PKB karena berhasil menerapkan dan mengaplikasikan musyawarah mufakat. Harapan saya, PKB bahu membahu dengan Pemprov untuk menyejahterakan masyarakat” puji Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim ketika ditemui wartawan usai jamuan makan siang peserta Muktamar PKB di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/9).

Seperti diketahui, PKB menggelar muktamar pada 31 Agustus – 1 September 2014 di Empire Palace Surabaya. Muktamar ini mengukuhkan Muhaimin sebagai Ketua Umum PKB.

Senada dengan Pakde Karwo, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf mengatakan bahwa hasil muktamar PKB cukup demokratis. Sebab meski Muhaimin Iskandar menjadi calon tunggal dalam muktamar tersebut, namun prosesnya tetap berjalan demokratis, damai, dan bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat. “Aklamasi juga termasuk demokrasi, jadi ketika tidak ada calon lain, mengapa harus dipaksakan? Ini bagian dari demokrasi, PKB berhasil membuat proses pemilihan yang sederhana, cepat dan hasil muktamar ini akan memacu PKB untuk lebih cepat bekerja” katanya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya menambahkan, apapun hasil muktamar PKB tetap harus disyukuri. “PKB jadi salah satu partai harapan masyarakat di masa depan dan punya mandat yang besar dari rakyat. Oleh sebab itu, mari bekerjasama dengan pemprov untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” tuturnya.

Sementara itu, ketua umum PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan, pihaknya bersyukur muktamar PKB berlangsung damai dan demokratis.Sebagai pemimpin terpilih, pihaknya siap untuk bekerja keras dan cerdas demi memajukan Indonesia. “Kami siap membantu dan menyukseskan pemerintahan, yakni dengan mendukung total baik di dalam kabinet, parlemen maupun diluar pemerintahan” tegasnya