Hadapi Perubahan Global Yang Ekstrem, Dian Nusantara Kolaborasi  Dengan Malaysia

Wednesday 3 Jul 2024, 9 : 29 pm
Ketua Yayasan Sagoro Dharmawan (Baju Hitam); Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Margono Sugeng, MS.c.; Dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Caturida Meiwanto D, Ph.D., Prof. Dr. Suharyadi, MS., Rektor Universitas Dian Nusantara Associate Profesor Anees Jaali, Universiti Sains Malaysia Mr. Salameh Al Khazaleh, Yordania Dr. Ir. M. Hasanuddin Thoyib, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan

JAKARTA – Menghadapi perubahan global yang ekstrem terutama di bidang yang sangat terpengaruh dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), Universitas Dian Nusantara (UNDIRA), Jakarta berkolaborasi dengan Universiti Sains Malaysia (USM).

Kedua lembaga pendidikan sepakat melakukan langkah-langkah strategis yang diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), di Jakarta, Selasa (02/07/2024).

Acara MoU  dihadiri  Associate Professor Dr. Anees Janee Ali dari School of Management (SOM) Universiti Sains Malaysia,  Rektor UNDIRA, Prof. Dr. Suharyadi, Ketua Yayasan DIAN ASRA Bapak Sagoro Dharmawan, Dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, Ir. Margono Sugeng selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Ir. Muhammad Hasanuddin Thoyib, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya  Dwi Sapto Febriantaka,  Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph. D serta para pejabat setingkat program studi.

Baca juga :  Kasus SN Kental Nuansa Politisnya

Hadir juga dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, Dr. Harnovinsah, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Jakarta, Dr. Nurul Hidayah.

Dalam sambutannya,  Suharyadi, menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Hingga saat ini, UNDIRA  telah melakukan berbagai kolaborasi dan pencapaian program kegiatan pendidikan dengan berbagai institusi.

Oleh karenanya, MoU, Memorandum of Agreement (MoA), Implementation Arrangement (IA)  langsung dilaksanakan oleh Prof. Anees melalui Visiting Lecturer dalam peninjauan kurikulum dan penerapan taksonomi bloom merupakan bentuk pembuktian bahwa UNDIRA dan USM memiliki kepedulian sama terhadap peningkatan kualitas para lulusan.

Anees Janee Ali menyoroti manfaat dari pelaksanaan Curriculum Review, termasuk revisi dan evaluasi metode penilaian yang tepat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan objektivitas penilaian terhadap jawaban mahasiswa dan memperbaiki kualitas soal ujian.

Baca juga :  Terlibatnya Putra Presiden, Netralitas Alat Negara Jadi Pertaruhan dalam Pemilu 2024

Anees dalam kehadirannya  didampingi oleh Salameh Al Khazaleh, Teaching Assistant dari SOM yang berasal dari Yordania.

Dekan Fakultas Teknik Informatika UNDIRA, Desi Ramayanti, menyampaikan bahwa MOU ini memberikan wawasan baru yang relevan dengan standar internasional dan perkembangan industri, sehingga dapat meningkatkan kompetensi serta daya saing lulusan di pasar global.

Selaras dengan maksud Implementasi peningkatan pembelajaran dan implementasi Merdeka Belajar, penting kerjasama antar negara sahabat dalam hal sharing knowledge mengenai kualitas pendidikan, pertukaran mahasiswa, kolaborasi perancangan kurikulum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, joint research, dan kerjasama akademis lainnya.

Implementasi Merdeka Belajar UNDIRA juga menekankan pentingnya kerjasama antar negara, dalam berbagai hal seperti sharing knowledge mengenai kualitas pendidikan, pertukaran mahasiswa, kolaborasi perancangan kurikulum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, joint research, dan kerjasama akademis lainnya.

Baca juga :  Mau Cuci Gudang, Ahok Wawancarai Langsung PNS Potensial

Kegiatan ini juga mendapat dukungan positif dari para dosen dan mahasiswa yang mengikuti materi yang disampaikan dosen Luar Negara tersebut.

“Kerjasama ini sangat penting dalam menghadapi tuntutan industri yang inklusif dan berkualitas di pasar global,” kata Caturida Meiwanto D., Ph. D, yang juga Taprof Bidang Ekonomi Lemhannas RI itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BI

BI Isyaratkan BI Rate Akan Segera Turun

JAKARTA – Kebijakan moneter Bank Indonesia (BI) yang selama ini mematok

Geothermal Harus Jadi Pijakan Kedaulatan Energi di Indonesia

MUARA ENIM-Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, mengatakan