Hankook Tire Kembangkan Teknologi Sistem Inspeksi Otomatis

Tuesday 14 Apr 2020, 11 : 06 pm
by
Hankook membawa inovasi digital untuk mengoptimalkan efisiensi dan konsistensi dalam proses inspeksi serta tahapan operasional secara keseluruhan

KOREA-Produsen ban global terkemuka Hankook Tire tengah mengembangkan sistem inspeksi otomatis (automatic inspection system) yang menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan sesor digital.

Hal ini dikembangkan sebagai salah satu inovasi digital Hankook dalam meningkatkan efisiensi serta konsistensi pada pengujian produk ban di tahap akhir.

“Dalam rantai proses produksi, proses inspeksi dilakukan untuk mengecek apakah suatu produk telah memenuhi standar sebelum nantinya dilanjutkan ke tahap distribusi,” ujar Hyunshick Cho, Wakil Ketua dan Presiden Hankook Technology Group dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/4).

Menurutnya, aara ahli di Hankook menjalankan berbagai tes dengan peralatan mutakhir demi memastikan keselamatan pengemudi selama menggunakan produk Hankook.

Proses inspeksi dilakukan sebagai tahap akhir untuk mendeteksi segala kemungkinan cacat atau kurang sempurnanya kualitas pada produk, dan prosesnya sendiri terdiri dari tiga tahapan, yaitu: Inspeksi Internal menggunakan Interferometer Tire Tester (ITT) untuk mendeteksi keberadaan gelembung udara di dalam ban, Inspeksi X-Ray untuk memeriksa bagian dalam ban dan Inspeksi Eksternal untuk mendeteksi keabnormalan pada permukaan ban.

Pada sistem inspeksi otomatis jelasnya, pemrosesan gambar atau image processing digunakan untuk mendeteksi bagian-bagian cacat, yang kerap sulit ditemukan karena gelembung udara pada ban tidak memiliki bentuk atau ukuran yang sama. Sebelum proses ini, penilaian terhadap kelayakan suatu produk mengandalkan keahlian para teknisi handal dengan pengalaman bertahun-tahun.

“Sekarang dengan pengembangan sistem inspeksi otomatis terhadap ITT, hal-hal tersebut dapat dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI),” ulasnya.

Dia mengatakan dengan teknologi AI, deteksi cacat pada pola yang tidak sesuai pada suatu produk dapat ditemukan secara lebih cepat dan sistematis.

Kemajuan ini terwujud berkat kolaborasi Hankook dengan para pakar AI di Departemen Teknik Industri dan Sistem di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) untuk mengimplementasikan sistem otomasi berbasis teknologi machine learning ini.

Teknologi baru ini tidak hanya akan memaksimalkan konsistensi dan efisiensi terhadap inspeksi internal menggunakan ITT, namun juga meningkatkan tingkat operasi fasilitas berkat proses pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat.

“Ke depannya, Hankook berencana untuk menerapkan teknologi AI pada inspeksi X-Ray dan inspeksi eksternal juga untuk menerapkan standar konsisten yang akan berkontribusi terhadap keseragaman kualitas produk,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Data Desa Mudahkan Program Permberdayaan Tepat Sasaran

BOGOR-Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor menjadi salah satu desa
Said Abdullah

PDIP: Perlu Terobosan Kebijakan Menaikkan Angka Pertumbuhan 6%

JAKARTA-PDI Perjuangan memberi sejumlah catatan terhadap pidato Nota Keuangan dan