Hanya 22% Masyarakat Melek Jasa Perbankan

Selasa 19 Nov 2013, 9 : 13 pm
by
OJK
ILustrasi

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melibatkan 2.600 lembaga keuangan bank dan non bank yang ada di Indonesia dalam menyusun “Cetak Biru Strategi Nasional Keuangan Indonesia”.

Program ini dibuat agar masyarakat Indonesia “melek” akan industri jasa keuangan yang aman serta mendorong lembaga jasa keuangan untuk mengembangankan produk dan jasa keuangan yang dibutuhkan masyarakat.

“Terdapat 2.600 lembaga keuangan tentunya ada 2.600 program strategi keuangan yang menjangkau lapisan masyarakat,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, saat acara Peluncuran Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia, di JCC Senayan Jakarta, Selasa, (19/11).

Menurutnya, survei nasional literasi keuangan dilakukan pada semester satu tahun ini di 20 provinsi dengan melibatkan jumlah responden sebanyak 8.000 orang, dimana pemilihan responden dilakukan dengan metode stratified random sampling.

Baca juga :  Juli 2023, Pasar Saham Indonesia Menguat ke Level 6.931,36

Namun, dalam survei yang dilakukan masyarakat Indonesia dinilai memiliki daya edukasi rendah soal industri keuangan.

“Ada enam sektor produk jasa keuangan terdiri dari sektor perbankan, asuransi, lembaga pembiayaan, dana pensiun dan pasar modal. Kelima sektor industri keuangan nyatanya masyarakat minim soal hal keuangan,” jelas Muliaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Selain Bagi Dividen Rp60/Saham, JPFA Segera Gelar Program Buyback Saham

JAKARTA-Para pemegang saham PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) menyetujui

SBFIC Gandeng Asbanda Kembangkan Kredit Usaha Mikro

JAKARTA-OJK mendukung kerjasama antara Sparkassenstiftung fuer Internationale Kooperation (SBFIC) Jerman