Harga Barang di Boven Digoel Turun 40% Berkat Penerbangan Perintis

Wednesday 27 Nov 2019, 6 : 58 pm
by
Bandar Udara Kelas III Tanah Merah

“Program kargo perintis ini sudah berjalan sejak tahun 2017 sesuai perintah Presiden. Dampaknya sangat besar untuk menurunkan harga-harga barang bagi warga terpencil yang tinggal di gunung-gunung. Sejak ada program ini, harga-harga barang bisa ditekan sampai 40 persen, bahkan 50 persen untuk jenis-jenis barang tertentu,” jelas Polana.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Tanah Merah Asep Soekarjo mengatakan, “Bandara Tanah Merah melayani 60 kali pergerakan pesawat setiap hari, mayoritas merupakan penerbangan kargo perintis ke pedalaman.”

Untuk rute ke Kabupaten Pegunungan Bintang , setiap hari Bandara Tanah Merah melayani pengiriman barang kebutuhan pokok sebanyak 60 ton. “Dengan jumlah sebesar itu warga disekitar masih mengharapkan dapat ditingkatkan lagi mengingat area pegunungan Bintang hanya dapat diakses melalui udara,” kata Asep.

Untuk angkutan perintis penumpang dengan adanya subsidi dari pemerintah, maka warga dilokasi sangat terbantu dan harga tiket masih terjangkau bagi mereka.

Sementara untuk penerbangan perintis kargo, Pemerintah memberikan subsidi sehingga pengangkutan barang pokok, bahan bangunan jenis tertentu, dapat meminimalisir biaya pengangkutannya sehingga menekan disparitas harga

“Dengan dilaksanakannya kegiatan angkutan perintis penumpang dan angkutan perintis kargo , masyarakat di Boven Digoel sangat terbantu dalam peningkatan perekonomian ,” jelas Asep.

Asep mengakui, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan memberikan perhatian dengan melakukan pembangunan bandara-bandara di pedalaman Papua yang diwujudkan melalui Pengembangan terminal, perpanjangan landasan pacu, maupun pembangunan infrastruktur lain.

Selain itu, untuk lebih mengoptimalkan penerbangan kargo perintis ini, Bandara Tanah Merah ke depannya diperlukan fasilitas gudang kargo yang berukuran lebih besar dari yang sekarang ada, sehingga masyarakat Papua di pedalaman yang terlayani juga dapat lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KPK

Solusi Inovatif Firli Bahuri Berantas Korupsi

JAKARTA-CALON Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Pol. Firli Bahuri

Pemerintah Diminta Acuhkan Rekomendasi Panja Gula

JAKARTA-Pemerintah diminta tak perlu menggubris rekomendasi Panitia Kerja (Panja) Gula