Harga Premium Jadi Rp 7.300/L, Solar Rp 6.900/L

Saturday 28 Mar 2015, 12 : 36 am
by

JAKARTA-Pemerintah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium untuk Wilayah Penugasan luar Pulau Jawa, Pulau Madura, dan Pulau Bali (Jamali), naik masing-masing Rp 500 per liter dari harga lama. Keputusan ini ditempuh dengan pertimbangan demi menjaga menjaga kestabilan perekonomian nasional serta untuk menjamin penyediaan BBM Nasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiraatmaja, dalam siaran persnya Jumat (27/3) malam mengumumkan, per tanggal 28 Maret 2015 pukul 00.00 WIB, WIB harga BBM jenis Bensin Premium RON 88 di Wilayah Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali dan jenis Minyak Solar Subsidi perlu mengalami kenaikan harga, masing-masing sebesar  Rp. 500/liter.

Dengan demikian, harga Premium naik dari Rp 6.900 menjadi Rp 7.300 per liter, sedangkan harga solar naik dari harga Rp 6.400 menjadi Rp 6.900 per liter. Adapun untuk harga Minyak Tanah dinyatakan tetap, yaitu Rp. 2.500/liter (termasuk PPN). “Keputusan tersebut diambil terutama atas dinamika dan perkembangan harga minyak dunia, namun Pemerintah tetap memperhatikan kestabilan sosial ekonomi, pengelolaan harga dan logistik,” tulis IGN Wiraatmaja dalam siaran pers itu.

Sebagaimana diketahui, sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014, premium tidak lagi menjadi barang subsidi. Penetapannya dibagi menjadi dua, yakni oleh pemerintah untuk premium penugasan di luar Jawa-Bali, dan Pertamina untuk premium umum di Jawa-Bali.

Sementara, solar dan minyak tanah tetap barang subsidi yang harganya ditetapkan pemerintah. Harga solar masih mendapat subsidi tetap Rp1.000 per liter, sementara minyak tanah diberikan subsidi fluktuatif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fahri: Manajemen Bencana Lombok Masih Rumit

JAKARTA-Pemerintah diminta menyederhanakan manajemen bencana agar rakyat yang terkena musibah
Danang Wicaksana Sulistya

Pasangan DWS dan Erina Gudono Didorong Maju di Pilkada Sleman

SLEMAN – DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sleman mulai