Harjanto : Ekspor Industri TPT Capai US$4,5 Miliar

Tuesday 3 Jun 2014, 6 : 07 pm
merdeka.com

JAKARTA-Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dinilai memberikan kontribusi yang cukup besar sebagai penghasil devisa ekspor. Karena itu, industri perlu mendapat dukungan. “Nilai ekspor dalam kurun waktu lima tahun terakhir mencapai US$ 4,5 miliar. Sementara itu, pada 2013 nilai ekspor industri garmen mencapai  US$ 7,30 miliar atau 60% dari total ekspor TPT nasional,” kata Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (BIM), Harjanto kepada wartawan, Selasa, (03/06/2014).

Tak hanya itu, kata Harjanto, industri TPT juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dalam pemenuhan kebutuhan SDM dalam negeri. “Industri TPT menjadi industri penyedia lapangan kerja yang cukup besar di Indonesia. Tenaga kerja yang terserap oleh industri ini, pada tahun 2013 sebanyak 1,55 juta orang di sektor TPT dan sekitar 570 ribu orang di sektor pakaian jadi (garmen),” ujarnya.

Baca juga :  Kemenperin-Kemensos Latih Penyandang Disabilitas Agar Siap Kerja di Industrl

Namun saat ini dengan adanya globalisasi perdagangan dunia, lanjut Harjanto,  dampak yang sangat dirasakan bagi kalangan industrii TPT menjadi tantangan tersendiri pada kemampuan daya saing industri nasional pada pasar global.
“Adanya perjanjian kerjasama perdagangan membuat persaingan dagang menjadi ketat. Hal ini menjadi tantangan  yang menuntut kemampuan untuk melakukan efisiensi dan memberi nilai positif berupa akses pasar, teknologi, investasi, dan peningkatan sumber daya manusia,” tuturnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Agus Eko adalah salah satu wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Lokasi Greenwich Park, berada di area High Value (kawasan elite BSD dan sekitarnya), memiliki jalur ganda antara jalur bandara dan jalur alternative

Sinar Mas Jual Hunian Greenwich Seharga Rp 1,4 Miliar

JAKARTA-Kawasan hunian exclusive Greenwich Park, yakni Cluster Whelford milik Sinar

Presiden Resmikan Bandara Baru di Morowali dan 4 Terminal Bandara di Sulawesi

SULAWESI TENGAH-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan satu bandara baru dan