Hasil Program Santripreneur, Ponpes Sunan Drajat Produksi 4.000 Sandal Jepit

Saturday 26 May 2018, 5 : 37 pm
by
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih

Santripreneur juga bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bertalenta di lingkungan ponpes, sehingga menjadi bekal para santi untuk belajar mandiri dan berwirausaha sebelum terjun ke masyarakat. “Mereka bisa menjadi agen pengembangan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Gati menyebutkan, pada tahun 2018,Ditjen IKM Kemenperin telah melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Produk IKM Makanan Ringan di Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Surakarta, Bimtek IKM Pengelasan di Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta, dan Bimtek Pengolahan Limbah Plastik di Ponpes Hidayatul Mubtadiin Lirboyo.

Selanjutnya, Bimtek Penumbuhan Wirausaha Baru IKM Busana Muslim di Ponpes Al-Quran Al Falah Bandung, Bimtek Perbengkelan Roda Dua di Ponpes Suryalaya Tasikmalaya, Bimtek Pengembangan Unit Usaha Pengolahan Roti di Ponpes Fathiyyah Al Idrisiyyah Tasikmalaya, Bimtek IKM Perbengkelan Roda Dua di Ponpes Buntet Cirebon.

Juga dilaksanakan Bimtek Pengembangan Unit Usaha Kopi di Ponpes Al Ittifaq Bandung dan Bimtek Pupuk Organik Cair di Ponpes Saung Balong, Majalengka. “Program pelatihan Bimtek tersebut dilaksanakan guna menciptakan SDM yang kompeten dan profesional sesuai kebutuhan industri dalam mendukung kemandirian ekonomi nasional,” ujar Gati.

Selain menjalankan program pelatihan, Kemenperin pun telah memfasilitasi pemberian alat dan mesin produksi industri kepada beberapa ponpes. Misalnya, pemberian mesin dan peralatan produksi roti untuk Ponpes Muhammadiyah Hj. Nuriyah Shabran di Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Tambah Trip Kapal Rute Panjang-Ciwandan

LAMPUNG – Pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi

Kesiapan Tenaga Ahli Blockchain di Indonesia Masih Terbatas

JAKARTA-Revolusi industri 4.0 yang cept menuntut kesediaan dan kesiapan tenaga