Hasto Kristiyanto Tumbal Politik Balas Dendam

Selasa 11 Jun 2024, 11 : 47 am
by
pernyataan Arteria Dahlan, bisa jadi signal bahwa masih ada upaya untuk merevisi UU KPK khusus untuk melindungi sekelompok orang yang dikecualikan dari OTT KPK, tidak hanya terhadap APH tetapi juga bisa melebar kepada Anggota DPR dan orang-orang Partai.
Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPID), Petrus Selestinus

Oleh: Petrus Selestinus

Pemanggilan dan pemeriksaan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto sebagai saksi untuk tersangka Harun Masiku oleh Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan suatu akrobat politik yang sangat tidak elok dipertontonkan oleh lembaga antirasuah itu.

Mengapa akrobat politik yang tidak elok? karena Hasto dipanggil KPK sebagai Saksi dan Hasto tetap hadir tepat waktu di KPK dalam kapasitas sebagai Saksi.

Semestinya,  KPK harus menghormati dan memperlalukan Hasto sebagai Saksi dengan segala haknya yang dilindungi oleh ketentuan pasal 5 dan pasal 7 KUHAP dan oleh UU KPK.

Namun apa yang dihadapi oleh Hasto, ketika bertemu dengan Penyidik KPK, ternyata KPK menunjukan sikap dan perilaku yang arogan, pemer kekuasaan bahkan memperlakukan Hasto sebagai seorang tersangka, karena KPK serta merta melakukan upaya paksa dengan menyita HP dan Tas tangan milik Hasto di luar prosedure hukum.

Saksi Adalah Mitra Penyidik

HP dan Tas tangan milik Hasto dijadikan KPK seakan-akan menjadi bagian dari alat bukti permulaan yang cukup bagi penyidik dalam menetapkan Hasto sebagai tersangka.

Padahal Hasto adalah Saksi bukan Tersangka, karena itu sesuai prinsip hukum acara tentang penyitaan terhadap suatu barang dari seseorang, maka barang itu harus merupakan hasil dari kejahatan atau alat untuk melakukan kejahatan serta dilakukan berdasarkan KUHAP dan ketentuan pasal 46 dan 47 UU No.19 Tahun 2019 Tentang KPK.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK

OJK Terbitkan Panduan Penerapan PSAK 71 dan PSAK 68 Untuk Perbankan

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan panduan perlakuan akuntansi terutama

Kemendag Pantau Harga Gula dan Stok Bapok di Banten

SERANG-Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya mewujudkan kestabilan harga barang kebutuhan