Hentikan Rencana Akuisisi Muamalat, DPR Apresiasi Langkah Prudent BBTN

Thursday 4 Jul 2024, 10 : 46 pm
Wakil Ketua Komisi XI DPR, Fathan Subchi

JAKARTA– Wakil Ketua Komisi XI DPR, Fathan Subchi memuji langkah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) sebagai bank BUMN yang tetap menerapkan prinsip prudential pada rencana akuisisi PT Bank Muamalat Tbk.

Menurut Fathan di Jakarta, Kamis (4/7), keputusan BBTN untuk menghentikan proses akuisisi Bank Muamalat bisa dimengerti oleh legislatif, karena upaya pengambilalihan itu telah melalui proses yang benar dan kredibel, serta mempertimbangkan sisi positif dari rencana aksi korporasi tersebut.

Fathan mengapresiasi, sikap manajemen BBTN dalam proses akuisisi atau merger BTN Syariah dengan Bank Muamalat. Tahapan due diligence yang dilakukan selama empat bulan terakhir, dengan melibatkan sejumlah auditor dan konsultan bisnis yang kredibel, menunjukkan profesionalisme BBTN dalam melakukan aksi korporasi.

Baca juga :  Akhir 2016, Kredit Bisa Tumbuh Sampai 12%

Adapun hasil uji tuntas tersebut menjadi pijakan manajemen BBTN untuk melangkah ke tahap berikutnya. Namun pada akhirnya, beredar kabar bahwa BBTN memutuskan untuk tidak melanjutkan aksi korporasi tersebut, lanjut karena terdapat perbedaan visi, strategi dan valuasi.

“Keputusan yang diambil didasarkan pada kajian dan analisis dengan mengedepankan asas kehati-hatian. Termasuk proses due diligence yang telah dilakukan. Ini menjadi jalan terbaik buat BTN dan Muamalat,” ujar Fathan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Said Abdullah Minta Bawaslu Profesional

SURABAYA-Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jatim PDI Perjuangan, Said Abdullah  meminta

Perlu Regulasi, Kehadiran Travel Online Mengancam ASTINDO

JAKARTA-Komisi VI DPR menerima keluhan dari puluhan biro travel yang