Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Hj. Sudjiatmi Notomiharjo

SOLO--Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sutjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, sekitar pukul 16.45 WIB.

Kabar meninggalnya Sutjiatmi Notomiharjo tersebut dibenarkan oleh salah satu keluarganya, Haryanto, ketika berada di RST Slamet Riyadi Kota Solo.

Berdasarkan pantauan, sejumlah aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, sudah berjaga di pintu masuk rumah sakit tersebut. Terlihat juga sejumlah mobil milik keluarga Presiden Jokowi sudah berada di halaman rumah sakit itu.

Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Rykco Amelza Dahniel juga sudah ada di RS itu. Sejumlah pejabat, seperti Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, juga datang ke RST Slamet Riyadi dengan mengenakan masker, karena kondisi saat ini sedang pandemi virus corona baru (COVID-19).

Baca :  Jokowi: Potensi Pariwisata di Labuan Bajo Perlu Dikembangkan

Diperoleh informasi juga bahwa Presiden Jokowi bersama keluarga sedang perjalanan menuju Kota Solo. Namun, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak keluarga terkait dengan meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi.

Berdasarkan pantauan di RST Slamet Riyadi Solo, mobil jenazah yang membawa Ibunda Jokowi meninggalkan rumah sakit menuju rumah duka Sumber Banjarsari Kota Solo, sekitar pukul 18.30 WIB.

Ditempat terpisah, Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmuddin, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, menyatakan, “Saat ini Presiden Jokowi telah tiba di Solo pada pukul 17.52 WIB. Informasi lebih lanjut terkait wafatnya Ibunda Presiden akan disampaikan kemudian.”

Ibunda Jokowi, Hj Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB. Sujiatmi lahir pada 15 Februari 1943 dan kemudian menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memiliki empat orang anak.

Baca :  Di KTT ASEAN-PBB, Jokowi Ajak Kerjasama Dukung Kemerdekaan Palestina

Jokowi adalah anak pertama dari kedua pasangan suami-istri itu. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Presiden Jokowi memang sangat dekat dengan ibundanya itu. Ia selalu meminta restu kepada sang ibu ketika akan berkompetisi di Pilkada ataupun Pilpres.

Tidak ketinggalan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, meminta restu eyang putrinya saat ingin maju dalam Pilkada Solo. ***