IdulFitri 1440H, Presiden Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

Wednesday 5 Jun 2019, 8 : 03 am
by

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menunaikan salat Idulfitri 1440H di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (05/06) pagi.

Turut mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta para Menteri Kabinet Kerja, dan Duta Besar Negara Sahabat, Para Pengurus Masjid Istiqlal.

Sejak sebelum adzan subuh berkumandang, jemaah yang ingin melaksanakan sholat di masjid terbesar di Jakarta ini, sudah mulai berdatangan. Mereka rela antri melalui pintu metal detector sebelum memasuki masjid.

Jumlah jemaah kian bertambah seiring terbitnya matahari. Hampir seluruh lantai hingga pelataran masjid dipenuhi jemaah yang ingin menunaikan solat Idulfitri 1440H.

Sementara, bertindak sebagai imam sekaligus imam pelaksanaan Salat Idulfitri di Istiqlal, mantan Menteri Agama Said Agil Al Munawar.

“Agak lain, imam dan khatib Pak Said Agil. Dulu dibedain, imamnya lain khatibnya lain. Sekarang jadi satu. Karena Beliau juga qori internasional, jadi senior-seniornya imam di Istiqlal,” jelas Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah.

Dalam khutbahnya yang bertema Menebar Maaf Membangun Kebersamaan, Said Agil menyampaikan besarnya manfaat dari meminta dan memberi maaf. “Memberi maaf dan memaafkan berarti bisa memenangkan rasa sakit hati, dendam, bisa berfikir jernih,” kata Said Agil.

Ia juga mengajak sudah saatnya menyadari hakekat meminta maaf adalah untuk diri sendiri bukan orang lain. “Lepaskanlah rasa marah dan dendam, dengan memaafkan,” pesan Said Agil.

Sesungguhnya menurutnya Allah tidak menyukai orang-orang yang dzalim. Allah langsung memberikan pahala bagi kita yang mampu meredam kemarahan maupun kedzaliman.

Bila sikap saling memaafkan ini dikembangkan, maka menurut Said Agil, kebersamaan umat dapat diwujudkan. “Islam agama kebersamaan ukhuwah, saling memperhatikan. Kebersamaan, keserasian adalah ukhuwah Islamiah” jelas Said Agil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ditemukan 2 Lokasi Migas Raksasa, Pemerintah Diingatkan Perbaiki Fiscal Term Guna Dorong Produksi

JAKARTA-Temuan dua lokasi cadangan Migas (Minyak dan Gas) dengan jumlah

GAPPRI Minta Pemerintah Beri Dukungan Kelangsungan Industri Hasil Tembakau

JAKARTA-Tanaman tembakau kini sedang memasuki musim tanam yang hampir serentak