IHSG Berpotensi Mixed Cenderung Turun, Mainkan INKP, PANR dan JPFA

Wednesday 27 Sep 2023, 1 : 21 pm
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpotensi melemah, setelah kemarin terperosok hingga 1,07 persen ke posisi 6.923.

Pelemahan IHSG secara signifikan di perdagangan Selasa (26/9) tertekan oleh penurunan harga pada 410 saham, sedangkan hanya 136 saham yang ditutup menguat dan sebanyak 212 saham tidak mengalami perubahan harga.

Nilai transaksi kemarin tercatat Rp12,81 triliun atau meningkat dibanding sehari sebelumnya Rp11,99 triliun.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh organisasi research and trading saham, WH Project, sentimen positif dari bursa karbon telah berakhir sejak peluncuran IDXCarbon kemarin.

Pada hari itu juga, IHSG langsung terjun bebas, terutama dipengaruhi oleh penurunan harga pada saham-saham yang terkait bursa karbon.

“Kejadiannya mirip dengan sentimen vaksin pada era pandemi terdahulu. Intinya, ketika sentimen sudah menjadi kenyataan, maka arah tren bisa berubah,” ucap analis WH Project, William Hartanto dalam riset harian untuk perdagangan Rabu (27/9).

Namun demikian, lanjut dia, penurunan sejumlah saham tersebut tidak sepenuhnya mengubah prospek IHSG.

Tetapi, ruang gerak IHSG diperkirakan agak terbatas pada perdagangan hari ini dan ditambah lagi dengan pekan pendek dan besok merupakan hari libur.

“Kami memperkirakan, pergerakan IHSG mixed kembali di area sideways, dengan nilai transaksi yang menurun,” ujar William.

Secara teknikal, jelas William, pelemahan di bawah level 7.000 mengembalikan IHSG menuju tren sideways di area 6.900-7.000.

“Hari ini kami memproyeksikan, IHSG berpotensi bergerak mixed dalam kecenderungan¬†melemah, dengan range pergerakan di level 6.900-7.077,” tegasnya.

Untuk perdagangan hari ini, kata William, WH Project merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mencermati perkembangan harga INKP dan PANR yang memiliki rating trading Buy, sedangkan JPFA memiliki rating Sell on Strength.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

TBIG Bakal Buyback 679,7 Juta Saham Secara Bertahap

JAKARTA-Mulai perdagangan hari ini, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG)

LPSE Kota Tangerang Hemat 16% Anggaran

TANGERANG-Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Tangerang, Dedi Suhada