IHSG Diprediksi Bergerak Sideways, Buy SMGR, ERAA, BBTN, BTPS dan TPIA

Senin 14 Agu 2023, 8 : 37 am
UNVR, ASII, BBCA, AALI, BSDE, TLKM, SMGR
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan melaju sideways, setelah di akhir pekan lalu ditutup melemah 0,19 persen ke posisi 6.879.

Pada perdagangan Jumat (11/8), pergerakan IHSG hanya didukung oleh nilai transaksi senilai Rp7,47 triliun atau melorot dibanding sehari sebelumnya yang mencapai Rp27,52 triliun.

Sedangkan, volume transaksi tercatat 15,71 miliar saham atau menurun dibanding sehari sebelumnya (10/8) yang sebanyak 23,82 miliar saham.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Tim Riset PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, pelemahan IHSG pada perdagangan di akhir pekan lalu dibayangi oleh aksi investor asing yang mencatatkan nilai jual bersih di pasar reguler mencapai Rp252,66 miliar.

“Melihat hal tersebut, kami memperkirakan IHSG masih bergerak dalam kecenderungan sideways, dengan support di level 6.830 dan 6.780, sedangkan resistance-nya di level 6.950 dan 6.970,” tulis Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas dalam analisa harian untuk perdagangan Senin (14/8).

Tim riset menyampaikan, key highlight yang perlu menjadi perhatian para pelaku pasar adalah, indeks Dow Jones yang pada perdagangan Jumat (11/8) ditutup menguat 0,3 persen ke level 35.281.

Penguatan ini didorong oleh kenaikan harga saham Chevron sebesar 2,1 persen dan Merck & Co menanjak 1,8 persen.

Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas menambahkan, sebelumnya Dow Jones ditopang oleh rally kenaikan saham Disney dan data CPI Juli 2023 yang menunjukkan pertumbuhan inflasi (year-on-year) sedikit lebih rendah dari ekspektasi.

Untuk perdagangan saham di BEI hari ini, CGS-CIMB Sekuritas merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian pada saham SMGR, ERAA, BBTN, BTPS, TPIA dan BUKA.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dorong Pengembangan UMKM, OJK Raih Penghargaan Dari Walikota Surabaya

SURABAYA-Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Anggota Dewan Komisioner
PANRB

Menteri PANRB: ASN Tak Usah Khawatir Dengan Pemindahan Ibu Kota Negara

JAKARTA-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin meminta