IKK Januari 2020 Berada di Level Optimis

BI
ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Januari 2020 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2020 yang tetap berada pada level optimis (di atas 100) yakni sebesar 121,7, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada Desember 2019 sebesar 126,4.

“Optimisme konsumen yang tetap terjaga tersebut terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko.

Menurutnya, persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan yang tetap baik menopang optimisme konsumen tetap terjaga. Konsumen memandang positif kondisi ekonomi saat ini terutama dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama.

Baca :  Suku Bunga Penjaminan Simpanan Turun 50 Bps

“Di samping itu, konsumen tetap berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang,” jelasnya.

Konsumen memprakirakan tekanan kenaikan harga pada 12 bulan mendatang (Januari 2021) meningkat. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga 12 bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

“Peningkatan tekanan harga tersebut dipengaruhi oleh permintaan yang diprakirakan lebih tinggi pada tahun depan,” tutupnya.