Indo Kordsa Kucurkan Pinjaman ke Induk Usaha US$27 Juta

Monday 13 May 2024, 7 : 04 pm
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

JAKARTAPT Indo Kordsa Tbk (BRAM), akan memberikan pinjaman senilai US$27 juta kepada Kordsa Teknik A.S, pemegang saham pengendali Perseroan dengan kepemilikan saham mencapai 61,59%.

Pinjaman tersebut diberikan BRAM kepada Kordsa Teknik A.S dalam rangka menunjang kegiatan operasional induk usaha Perseroan.

Transaksi pinjaman afiliasi antar BRAM dan induk usaha ini telah ditandatangani oleh para pihak pada 8 Mei 2024.

Direksi BRAM dalam laporan keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, dikutip Senin (13/5/2024) mengemukakan, pinjaman ini merupakan pinjaman antar perusahaan senilai maksimal US$40 juta dimana sebesar US$13 juta  telah dicairkan BRAM kepada  Kordsa Teknik A.S pada 4 Juli 2023.

“Bunga pinjaman sebesar SOFR 6 bulan plus 3,5% per tahun,” tulis Direksi BRAM dalam laporannya.

Baca juga :  Kinerja Intermediasi Lembaga Jasa Keuangan Meneruskan Tren Perbaikan

Menurut Direksi, ada dua manfaat terkait pinjaman afiliasi ini.

Pertama, BRAM memiliki dana yang bisa digunakan dan dipinjamkan sehingga bisa mendapatkan keuntungan atas pemberian pinjaman ini melalui pendapatan bunga.

Kedua, Kordsa adalah induk dari Perseroan, sehingga kemungkinan untuk pembayaran kembali atas pinjaman beserta dengan bunga lebih terjamin keamanannya.

Rencana transaksi ini merupakan transaksi afiliasi, namun bukan merupakan transaksi yang mengandung benturan kepentingan, karena tidak terdapat perbedaan kepentingan.

Transaksi ini juga tidak mengakibatkan terganggunya kelangsungan usaha Perseroan sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020.

Selain itu, transaksi tersebut juga bukan merupakan transaksi material, karena nilainya hanya sekitar 11,95% dari ekuitas Perseroan per 31 Desember 2023 yang sudah diaudit sebesar US$226,024 juta.

Baca juga :  Sepanjang 2020, Laba Bersih PTPP Turun Tajam Jadi Senilai Rp128,75 Miliar

Adapun rencana transaksi tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Komisaris melalui Keputusan Sirkuler Pengganti Rapat Dewan Komisaris dan Direksi pada tanggal 29 April 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Tujuh BUMN Keroyokan Bangun 699 Unit Huntara

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan

Bumiputera Incar 100 Ribu Nasabah Baru

JAKARTA-Produk asuransi mikro milik Asuransi Jiwa Bersama (AJB) 1912 rencananya