Indonesia Bangun Museum Pluralisme di Vatikan

Thursday 21 Jan 2016, 6 : 56 pm
by
Dubes Indonesia yang baru untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono (tengah - duduk, batik hitam, berkacamata) berfoto bersama dengan kelompok Mia Patria di St. Mary's College, Jakarta,

JAKARTA-Sebuah museum Indonesia yang menampilkan pluralisme dan kemajemukan budayanya sedang dididirikan di Vatikan. Pendirian museum itu merupakan suatu bentuk diplomasi budaya dan merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menunjukan budaya pluralism, tidak hanya kepada Vatikan tetapi juga kepada dunia.

Demikian ditegaskan oleh Dubes baru untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono saat berbicara di Akademi Sekretaris St. Mary’s College, Jakarta, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (21/1).

Pernyataan itu diungkapkannya saat mengunjungi kelompok budaya, MIA  PATRIA, pimpinan L. Putut Pudyantoro yang pada tahun 2016 akan mengadakan lawatan ke Eropa termasuk Vatikan. Tahun ini merupakan lawatan ke luar negeri keempat bagi Mia Patria, yang didirikan pada tahun 2008. “Vatikan adalah negara kecil yang besarnya hanya 34 ha. Tetapi tidak ada yang memungkiri, bahwa Vatikan adalah negara yang memiliki pengaruh paling besar kepada negara-negara di dunia. Membangun museum Indonesia di Vatikan merupakan langkah yang tepat terkait dengan diplomasi budaya, yang sekarang dilakukan Indonesia,” ujar Agus.

Menurutnya, pembangunan museum Indonesia di Tahta Suci itu diperkirakan akan selesai pada awal Oktober 2016. Dalam museum itu ada beberapa ikon Indonesia termasuk antara lain Borobudur yang ditampilkan.

Pertemuan dengan Mia Patria, demikian dijelaskan lebih lanjut, adalah kegiatan pertama yang dilakukannya setelah pelantikan dan sebelum berangkat menunaikan tugas ke Vatikan. Mia Patria, menurut pria asal Magelang itu, telah memresentasikan kemajemukan budaya di Indonesia ke luar negeri, Eropa dan Amerika Serikat.

Perjalanan kelompok ini ke luar negeri dalam rangka titian budaya dilakukan jauh sebelum dirinya menjadi dubes dan kelompok ini sudah menunjukkan komitmen sebagai duta budaya Indonesia meskipun tidak secara resmi.   “Saya hanya meneruskan apa yang telah dilakukan oleh pendahulu-pendahulu saya sebelumnya terkait dengan diplomasi budaya. Perjalanan Mia Patria berkeliling Eropa beberapa kali dan Amerika beberapa waktu lalu telah menunjukkan keseriusan kelompok ini dalam membawa kemajemukan budaya Indonesia,” terangnya.

Agus Sriyono juga sedang merancang wisata religi ke Larantuka bagi peziarah yang datang ke Vatikan. Menurutnya, ada lima juta peziarah dunia yang datang ke Vatikan untuk setiap tahunnya. Dengan usaha yang terpadu  di antara para duta besar, diharapkan beberapa persen peziarah ke Vatikan akan melakukan perjalanan religius ke Larantuka dan ini jelas menumbuhkan ekonomi daerah tersebut.

Sementara itu, menurut L. Putut Pudyantoro, Mia Patria terbentuk pada tujuh tahun lalu yakni 26 November 2008. Lawatan ke luar negeri pertama dilakukan Mia Patria pada 2010 ketika Prapto Martosetomo menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Vatikan. Ketika pergantian pimpinan, Prapto Martosetomo kemudian memperkenalkan kelompok ini kepada penggantinya, Burdiaman Bahar. Setelah masa jabatan selesai, Burdiaman Bahar kemudian memperkenalkan Mia Patria kepada Agus Sriyono.

Menurut rencana, dalam lawatan keempatnya ke luar negeri pada 2016, Mia Patria akan mengadakan gelar budaya di Belanda, Belgia, Vatikan, Austria (Salzburg, Innsburg, Wina),  Swiss (St. Gallen), Jerman (Manheim, Heidelberg, Frankfurt) dan Prancis Selatan.  Lawatan sebelumnya adalah pada 2013 ke Amerika Serikat (New York, Philadelphia, Washington, Patung Liberty, New Jersey dan Brooklyn), pada 2012 ke Vatikan, Italia (Bolzano), Swiss (St. Gallen, Zurich, Luzern, Konstan), Jerman (Aulendorf, Mannheim, Heildelberg, Frankfurt, Bonn), Liechtenstein, Austria, Prancis dan pada 2010 ke Vatikan, Italia (Bolzano), Swiss (St. Gallen), Jerman (Aulendorf, Meitingen, Mannheim, Frankfurt dan Bonn).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Biaya Pembangunan Pelabuhan Patimban Telan Investasi Rp 40 Triliun

SUBANG-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, proyek pembangunan Pelabuhan

Akhir Juni 2022, Penerimaan Pajak Capai Rp868,3 Triliun

JAKARTA-Penerimaan pajak hingga akhir Juni 2022 mencapai Rp868,3 triliun. Pertumbuhan