Indonesia Dorong KTT Istimewa ASEAN dan ASEAN Plus Three Lawan Covid-19

Monday 13 Apr 2020, 2 : 14 am
by
Presiden Jokowi bersama para pemimpin ASEAN lainnya dalam Upacara Pembukaan KTT ke-34 ASEAN, di Bangkok, Thailand

JAKARTA-Indonesia mendong Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN (Special ASEAN Summit) dan KTT Khusus ASEAN Plus Three (Special ASEAN Plus Three Summit) untuk bersama-sama menegaskan komitmen memerangi Covid-19.

Pertemuan ini akan diselenggarakan melalui video conference akan dilakukan Selasa, (14/4).

Pertemuan ini telah didahului pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN, 25th Meeting of the ASEAN Coordinating Council, melalui video conference pada pada 9 April yang lalu.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berinisiatif mengupayakan penyelenggaraan kedua KTT tersebut.

“Kita tidak bisa menunda KTT tersebut di situasi dunia dan Kawasan kita yang sedang berjuang hadapi Covid-19. KTT Istimewa ini sangat strategis untuk satukan langkah lawan Covid-19,” sebut Menlu RI.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), direncanakan mengikuti dua KTT Istimewa tersebut melalui video conference. Ini bukan kali pertama Presiden Jokowi mengikuti KTT melalui video conference.

Sebelumnya, Presiden juga mengikuti KTT G-20 di bawah keketuaan Arab Saudi pada tanggal 26 Maret 2020. Rangkaian pertemuan akan membahas langkah bersama dalam menangani, membendung dan memitigasi dampak Covid-19, memastikan kelancaran regional supply chain atas makanan, obat-obatan dan barang-barang esensial lainnya, perlindungan terhadap warga negara ASEAN serta pemanfaatan sejumlah kerja sama yang dimiliki oleh APT.

KTT Istimewa ASEAN diharapkan dapat menghasilkan suatu Declaration of the Special ASEAN Summit on Covid-19 yang dapat memuat komitmen ASEAN untuk tetap menanggapi pandemi secara efektif melalui pendekatan yang koheren, multi-sektoral, multi-stakeholder dan melibatkan Masyarakat ASEAN secara menyeluruh.

Sedangkan KTT Istimewa APT diharapkan dapat pula menyepakati suatu Joint Statement of the Special ASEAN Plus Three Summit on Corona Virus Disease (Covid-19) yang akan menegaskan komitmen bersama untuk memperkuat solidaritas, meningkatkan kerja sama, dan saling dukung antara ASEAN dengan negara APT dalam mengendalikan, membendung, dan menangani dampak pandemi terhadap masyarakat serta perekonomian.

KTT ASEAN akan dipimpin oleh PM Viet Nam sebagai Ketua ASEAN dan diikuti oleh 10 Kepala Negara/Pemerintahan Negara Anggota ASEAN, sementara KTT ASEAN Plus Three juga akan diikuti oleh Kepala Negara/Pemerintahan dari negara ASEAN Plus Three (APT) yang terdiri dari China, Jepang dan Korea Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PUPR Selesaikan Penataan Kebun Raya Bogor Sebagai Pusat Konservasi Tanaman Anggrek

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan
industri

Menperin: Ekspor Produk Manufaktur Melejit, Sumbang 74% Ekspor Nasional

JAKARTA-Industri pengolahan masih memberikan kontribusi terbesar terhadap nilai ekspor nasional.