Indonesia Resmi Diterima Kembali di OPEC

Friday 4 Dec 2015, 10 : 47 pm
by
SUDIRMAN SAID
Sudirman Said

AUSTRIA – Sidang OPEC ke 168 yang berlangsung pada Jumat (4/12) di Vienna Austria secara resmi menerima pengaktifan kembali Indonesia sebagai anggota organisasi negara-negara eksportir minyak dunia.

Sidang yang dihadiri oleh 12 negara anggota lainnya (di luar Indonesia) memberikan sambutan yang hangat atas kembalinya Indonesia aktif di OPEC.

“Bagi Indonesia, kembali aktif di OPEC akan memberikan banyak keuntungan, peluang direct deal pembelian crude dan produk bisa menghemat cukup signifikan dan yang juga penting kita kembali berkumpul di panggung internasional, ini penting untuk mengundang investor masuk ke Indonesia,” ujar Menteri ESDM Sudirman Said selaku kepala delegasi Indonesia pada sidang OPEC ke 168 di Vienna seperti dikutip dari situs resmi kementrian, Jumat (4/12).

Sejumlah pembelian langsung baik berupa produk dan crude sudah berlangsung seperti dari Arab Saudi dan Kuwait.

Menyusul dalam tahap penjajakan pembelian produk dari Iran, Nigeria, Qatar dan Uni Emirat Arab.

Di saat yang sama kesempatan ini juga membuka peluang baru bagi Indonesia untuk mendapatkan blok-blok migas di negara-negara OPEC.

Dalam jangka panjang, langkah ini dapat meningkatkan kepastian pasokan migas bagi kebutuhan dalam negeri.

Reaktifasi

Sebagai negara besar dengan kebutuhan energi yang cukup tinggi dan terus meningkat, Indonesia perlu memastikan ketahanan energinya.

Saat ini Indonesia dalam proses transisi dari penggunaan energi yang didominasi oleh energi fosil menuju energi terbarukan yang lebih berkesinambungan di masa datang.

Meningkatkan ketahanan energi dilakukan dengan membenahi sektor energi di dalam negeri dalam bentuk memudahkan perijinan untuk investasi, menggalakan eksplorasi, serta meningkatkan tata kelola.

Hal ini diperkuat dengan peningkatan peran aktif negara dalam kerjasama luar negeri baik bilateral maupun multilateral.

Di sektor energi, saat ini Indonesia telah menjadi anggota International Energy Agency (IEA) sejak tanggal 17 November 2015 dan kembali mengaktifkan keanggotaannya di OPEC mulai tahun 2016 dengan tujuan memastikan kepentingan nasional Indonesia terjaga.

Indonesia akan mendapatkan manfaat dari keberadaannya ditengah-tengah organisasi energi global yang penting.

Indonesia akan menjadi bagian dari pengambilan keputusan bukan penerima akibat dari keputusan.

Pergaulan/network energi di tingkat internasional membuka pintu yang lebih luas untuk percepatan alih teknologi, kesempatan bisnis yang saling menguntungkan, serta kesempatan bagi putera/puteri terbaik Indonesia berkiprah lebih luas di organisasi energi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Keuangan Solid, AMOR Bagi Dividen Interim Rp18,5 per Saham

JAKARTA–PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) berencana membagikan dividen

Inflasi Lebaran Cukup Terkendali

JAKARTA-Sesuai dengan pola musiman Lebaran, inflasi mengalami peningkatan walau tetap