Indonesia Siapkan Penanganan Keamanan Tertinggi Bagi Tamu Annual Meeting IMF-WB

Ilustrasi

WASHINGTON-Pemerintah Indonesia memberikan pengamanan keamanan tertinggi bagi delegasi Annual Meeting IMF-WB yang diselenggarakan di Bali, Oktober 2018 nanti. Tim Keamanan Indonesia yang dipimpin oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian akan mengamankan area strategis serta poin-poin penting seperti Venue Utama, bandara, dan tempat Resepsi di Garuda Wisnu Kencana.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan prosedur keselamatan untuk acara dilaksanakan dengan standar tertinggi, sementara pada saat yang sama meminimalkan gangguan dan memastikan tingkat kenyamanan para peserta,”ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut B Pandjaitan dalam pertemuan yang dipimpin oleh Managing Director IMF Christine Lagarde di Washington DC, Amerika Serikat.

Sedangkan untuk situasi darurat telah direncanakan evakuasi yang telah didiskusikan menyeluruh dengan IMF-Wold Bank. Selain itu, tim telah melakukan proses persiapan nasional untuk membuat rencana evakuasi komprehensif yang mencakup beberapa skenario peristiwa seperti letusan, gempa bumi, dan tsunami.

Baca :  Terjadi Ledakan di Monas

“Secara historis, Pulau Bali tidak pernah mengalami tsunami. Namun, semua hotel di daerah Nusa Dua telah disertifikasi untuk prosedur antisipasi tsunami,” terangnya.

Selain itu, tim keamanan juga sudah membuat skenario ekstrim di mana semua peserta harus dievakuasi dari Pulau Bali. “Tim telah menyiapkan protokol untuk melaksanakan evakuasi tersebut, dan sumber daya yang cukup berdedikasi untuk itu,” jelas Menko Luhut.