Indonesia Tengah Menuju Upper Middle Income Country

Monday 9 Jun 2014, 3 : 16 pm
by

JAKARTA-Secara nasional, perekonomian Indonesia telah mantap berada dalam kategori perekonomian berpendapatan menengah (middle income country) dan sedang menuju ke negara berpendapatan menengah tinggi (upper middle income country). Keberhasilan ini tidak lantas membuat tantangan perekonomian menjadi lebih ringan.

Struktur produksi yang dimiliki Indonesia tak lagi memadai untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen kelas menengah yang semakin besar, beragam dan menuntut nilai tambah serta kualitas produk yang kompleks. Sementara itu, komoditas ekspor berbasis aktivitas ekstraktif dengan nilai tambah rendah telah menyebabkan posisi tawar Indonesia cenderung lemah dalam rantai nilai global yang membuat nilai ekspor kita rentan terhadap gejolak nilai tukar. “Salah satu cara untuk mempercepat proses transisi ke negara maju berpendapatan tinggi adalah dengan meningkatkan kehandalan industri dan produk ekspor. Proses industrial upgrading ini akan menempatkan produk kita pada posisi yang lebih strategis dalam rantai nilai global maupun dalam rantai produksi di dalam negeri sendiri,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo disela-sela seminar dan dialog dengan tema “Mendorong Reformasi Struktural untuk Penguatan Ekonomi Kawasan Indonesia Barat di Jakarta, Senin (9/6).

Baca juga :  Body Pesawat Belum Ditemukan, Operasi Pencarian Lion Air JT610 Diperpanjang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Berbahaya Bagi Demokrasi, Airlangga Gaungkan Tolak Politik Uang

JAKARTA- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, politik harus

OJK Bisa Akses Data Wajib Pajak Nakal

JAKARTA-Sinergi Ditjen Pajak dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) makin memperkuat