Industri MICE dan Pariwisata Diharapkan Mampu Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

ilustrasi

JAKARTA-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap industri meeting, incentive convention and exhibition (MICE) dan pariwisata mampu mendorong percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi yang mengalami perlambatan akibat kondisi pandemi Covid-19.

Menurut Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani, untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19, Kemenparekraf bekerja sama dengan PT Biztrips Teknologi Multimedia Solusi akan menyelenggarakan Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM).

“Kami berharap pelaksanaan ICTM tahun ini dapat menjadi salah satu motivasi positif bagi industri MICE, agar tetap optimistis dan terus produktif di masa yang tidak menentu saat ini,” kata Rizki di Jakarta, Selasa (1/9).

Baca :  PMI Manufaktur Indonesia Tembus Level Ekspansif

Selain itu, lanjut dia, pemerintah diharapkan pelaksanaan ICTM bisa menjadi ajang untuk membangun kapasitas dan kapabilitas stakeholders MICE yang terlibat, dengan saling berdiskusi dan meningkatkan networking untuk mendapatkan new insights.

“Sehingga dapat saling berkolaborasi dan menjadikan sektor MICE kembali bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional,” tutur Rizki.

Perlu diketahui, ICTM merupakan kegiatan business to business untuk corporate travel dan Industri MICE di masa tatanan kenormalan baru. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Jakarta, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Malang pada pertengahan September sampai akhir Desember 2020.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menggerakan kembali perekonomian dengan memanfaatkan kegiatan meeting, incentive convention,exhibition domestik yang mulai aktif kembali,” imbuhnya.

Baca :  Webinar UAJY: Pemimpin Harus Mampu Menguatkan Power Para Follower

Rizki meyakini, ICTM bisa menjadi platform yang mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan MNC Media sebagai media partner.

Sementara itu, menurut Founder & Event Director ICTM, Johanes Chang, ICTM akan menampilkan lima program, yakni talkshow, seller workshop, buyers meet sellers, buyers exchange forum, gala dinner serta post tour. “Pada pelaksanaan tahun ini, fokus utama ICTM pada program business to business yang mempertemukan 30 buyers sebagai korporat besar di Indonesia dengan 30 sellers yang merupakan penyedia jasa MICE,” paparnya