Industri Non-migas Diproyeksikan Tumbuh 5,4 % di 2019

Thursday 20 Dec 2018, 1 : 59 am
by
Menperin, Airlangga Hartarto

JAKARTA-MenteriPerindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan  pertumbuhan industri non-migasdiproyeksikan tumbuh 5,4 persen pada 2019. Sektor-sektor yang diproyeksikan tumbuh tinggi, di antaranya industri makanan dan minuman (9,86%), permesinan(7%), tekstil dan pakaian jadi (5,61%), serta kulit barang dari kulit dan alaskaki (5,40%).

“Selain itu, kami juga memacu di sektorkimia, dengan menggenjot produksi olefin dari methanol di Kawasan industri Teluk Bintuni, Papua Barat dengan nilai investasi USD2,6 Miliar yangditargetkan dapat berproduksi dengan kapasitas 2 juta ton per tahun dan mulai beroperasi tahun 2021,” paparnya.

Sedangkan di klaster Cilegon akan menghasilkan naphtha cracker dari dua perusahaan, yakni Chandra AsriPetrochemical dan Lotte Chemical dengan total kapasitas mencapai 4,5 juta tonper tahun yang akan mulai beroperasi secara bertahap pada 2019 hingga 2023.

“Pada tahun 2019, sektor IKM ditargetkan menghasilkan 5.000 wirausaha baru, mengikutsertakan 5.000 IKM dalam program e-Smart IKM dan 20 pesantren dalam program Santripreneur,” imbuhnya.

Pada tahun 2019, pemerintah akan semakin gencar melaksanakan program pendidikan dan pelatihan vokasi  dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Dengan anggaran sebesar Rp1,78triliun, Kemenperin menyelenggarakan pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi menuju dual system, serta membangun politeknik atau akademi komunitas di Kawasan industri.

“MIsalnya, yang sedang kami fasilitasi, antara lain pembangunan politeknik industri petrokimia di Cilegon dan politeknik industri agro di Lampung. Selain itu meluncurkan program Link & Match antara SMK dan industri di Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat dengan target melibatkan 2.600 SMK dan 750 industri,” ungkapnya.

Kemudian pelaksanaan program diklat 3in 1 untuk 72.000 orang, pembangunan kompetensi dan sertifikasi kompetensi, dan pembangunan SDM industri dalam mengantisipasi era industri 4.0.

“Dalam penerapan roadmap Making Indonesia4.0, Kemenperin sedang merumuskan IndonesiaIndustry 4.0 Readiness Index atau INDI 4.0 pada 2019,” ujar Airlangga.

Menperin menambahkan, dengan terpilihnya Indonesia menjadi OfficialPartner Country di Hannover Messe 2020, Kemenperin akan berkesempatan memperkenalkan roadmap Making Indonesia 4.0 serta mendorong investasi di bidang manufaktur dan pengembangan infrastruktur digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rizal Mampu Bawa Visi Ekonomi Jokowi Ke Depan

JAKARTA-Prioritas pemerintahan Calon Presiden Jokowi ke depan harus bisa memperbaiki

BTN Luncurkan Tabungan Felas

JAKARTA-Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Budi Satria (tengah)