Industri Pengolahan Jadi Andalan Ekspor Nasional

Thursday 16 Jan 2020, 9 : 54 pm
by
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sesuai keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis (16/1)

JAKARTA-Industri pengolahan masih konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

Pada Januari-Desember 2019, ekspor produk industri pengolahan mampu menembus hingga 126,57 miliar dollar AS atau menyumbang sebesar 75,5 persen terhadap total ekspor Indonesia yang menyentuh di angka 167,53 miliar dollar AS sepanjang tahun lalu.

“Pemerintah memang sedang fokus menggenjot nilai ekspor untuk memperbaiki neraca perdagangan kita. Oleh karena itu, sektor manufaktur memiliki peranan yang sangat penting guna mencapai sasaran tersebut,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sesuai keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis (16/1).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lima sektor yang memberikan sumbangsih paling besar terhadap capaian nilai ekspor industri pengolahan sepanjang tahun 2019, yaitu industri makanan yang menyetor hingga 27,16 miliar dollar AS atau berkontribusi sebesar 21,46 persen. Selanjutnya diikuti oleh industri logam dasar 17,37 miliar dollar AS (13,72 persen).

Berikutnya, nilai pengapalan industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia tercatat 12,65 miliar dollar AS (10 persen), industri pakaian jadi menembus 8,3 miliar dollar AS (6,56 persen), serta industri kertas dan barang dari kertas yang menyetor 7,27 miliar dollar AS (5,74 persen).

Adapun lima negara tujuan utama ekspor produk manufaktur Indonesia pada periode Januari-Desember 2019, yakni ke Amerika Serikat (13,64 persen), Tiongkok (13,48 persen), Jepang (8,7 persen), Singapura (6,94 persen), dan India (5,17 persen).

“Pemerintah terus berupaya memperluas pasar ekspor, terutama ke negara-negara nontradisional,” tegas Agus.

Menteri AGK menyebutkan, berbagai langkah strategis telah dijalankan oleh Kementerian Perindustrian dalam upaya meningkatkan nilai ekspor dari sektor industri pengolahan.

Upaya itu di antaranya adalah pembinaan industri melalui peningkatan daya saing dan penyiapan produk unggulan.

“Kemudian, pemanfaatan free trade agreement (FTA) seperti percepatan negosiasi FTA, perluasan ke pasar nontradisional, dan inisiasi FTA bilateral sesuai kebutuhan industri,” sebutnya.

Di samping itu, dilaksanakan program promosi internasional melalui pendampingan promosi dan ekspor, peningkatan kapasitas produsen untuk ekspor, serta melakukan link and match dengan jejaring produksi global.

“Perlu juga dukungan fasilitas seperti fasilitasi pembiayaan ekspor, pendampingan kasus unfair trading, dan penurunan hambatan ekspor (NTMs),” imbuhnya.

Menperin menambahkan, Indonesia sebagai official partner country pada ajang Hannover Messe 2020, bisa menjadi momentum baik untuk memperkenalkan kesiapan industri Indonesia di era industri 4.0, mempromosikan kerja sama investasi dan ekspor sektor industri, serta memperkuat kerja sama bilateral dengan Jerman maupun dengan negara-negara lain yang berorientasi pada inovasi teknologi.

“Ajang ini penting untuk Indonesia tidak hanya karena sebagai negara pertama di ASEAN yang menjadi Official Partner Country, tetapi juga mendukung upaya national branding atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba SIDO di Kuartal I-2023 Naik 1,78% Jadi Rp300 Miliar

JAKARTA- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO)

Citi Indonesia Jalin Kemitraan dengan Manulife Aset

JAKARTA-Citibank N.A. Indonesia (“Citi”) dan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia