Inflasi April 2019 Terkendali

Thursday 2 May 2019, 10 : 43 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi April 2019 terkendali. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) April 2019 tercatat sebesar 0,44% (mtm), meningkat dibandingkan dengan inflasi bulan lalu sebesar 0,11% (mtm).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menjelaskan inflasi terutama dipengaruhi kenaikan inflasi volatile food dan inflasi administered prices, di tengah inflasi inti yang stabil.

Dengan perkembangan ini, inflasi IHK secara tahunan mencapai 2,83% (yoy), meningkat dari inflasi bulan lalu sebesar 2,48% (yoy).

“Ke depan, BI tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil dalam kisaran sasaran inflasi sebesar 3,5±1% pada 2019,” jelasnya.

Menurutnya, koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait juga ditempuh dalam mengendalikan inflasi pada bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1440 H.

“Kelompok volatile food mencatat inflasi pada April 2019. Kelompok volatile food mencatat inflasi sebesar 1,59% (mtm), setelah bulan lalu mengalami deflasi sebesar 0,02% (mtm),” imbuhnya.

Dijelaskannya, inflasi volatile food terutama bersumber dari komoditas bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat sayur, telur ayam ras, tomat buah, dan cabai rawit. Sementara itu, komoditas beras, daging ayam ras, dan ikan segar mencatat deflasi.

“Secara tahunan, inflasi kelompok volatile food tercatat masih cukup rendah yakni sebesar 2,05% (yoy), meskipun meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 0,16% (yoy),” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi Momentum Bagi PDI Perjuangan

JAKARTA-Fenomena kehadiran Joko Widodo (Jokowi) dalam bursa calon presiden (capres)

Kemenperin Luncurkan Pendidikan Vokasi Industri Wilayah Sulawesi

SULAWESI SELATAN-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali meluncurkan program pendidikan vokasi yang