Ini Reaksi Kemendag Terhadap Kebijakan Asing Yang Hambat Ekspor Besi dan Baja Indonesia

Friday 15 Nov 2019, 9 : 47 pm
by
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana

Di sisi lain, muncul pemikiran dari kalangan industri baja nasional untuk mengubah sistem penerapan trade remediesIndonesia khususnya di area antidumping. Instrumen ini disediakan untuk mengatasi praktek perdagangan tidak adil. Maka, implementasinya harus dilaksanakan secara cepat dalam sistem pengambilan keputusan yang lebih sederhana.

“Melalui bimtek ini, tercetus pemikiran perlu adanya sebuah komite nasional yang khusus menangani tuduhan trade remediesdan gugatan internasional terhadap kebijakan nasional,” tutur Pradnyawati.

Dukungan dari pemangku kepentingan terutama dari kalangan pelaku usaha dan pejabat dinas di daerah terhadap upaya pemerintah dalam mengamankan akses pasar ekspor Indonesia di negara mitra dagang menjadi sangat penting.

“Pemerintah berharap komunikasi dan keterlibatan secara rutin dari pelaku usaha dan instansi daerah dalam menghadapi hambatan ekspor dapat menjadi senjata yang ampuh dalam menangani hambatan ekspor Indonesia khususnya yang terkait dengan tuduhan trade remedies,”pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MEA Bisa Jadi Kekuatan ASEAN

JAKARTA-Pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi momentum penting bagi negara-negara

Pelaksanaan Program HGBT Belum Optimal

Industri oleochemical dan sarung tangan karet juga mengalami kenaikan utilisasi