Ini Ulah Si Raja Tega, Dana Hibah Rp 14 Miliar untuk Atlet Cacat Malah Dikorupsi

Friday 28 Jun 2024, 10 : 09 pm
by
ILUSTRASI

JAKARTA – Kasus benar-benar keterlaluan, dana hibah pembinaan atlet penyandang disabilitas (difabel/cacat) senilai Rp14 miliar di Jawa Barat (Jabar), dikorupsi.

Saat ini, kasusnya tengah digarap tim penyidik pidana khusus (pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar.

Pada Rabu (26/6/2024), mantan Ketua Nation Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Supriatna Gumular (SG) menjalani pemeriksaan.

Per 31 Maret 2024, SG dipecat dari ketua NPCI Jabar diduga ada kaitannya dengan penggelapan dana hibah pembinaan atlet difabel.

“Usut tuntas siapapun yang terlibat. Karena korupsi tidak mungkin dilakukan sendirian. Yang turut serta, yang membantu, semua harus diangkut,” kata Ketua Pusat Studi Antikorupsi (SAKSI) Universitas Mulawarman (Unmul), Orin Gusta Andini, Kamis (27/6/2024) .

Baca juga :  Kepatuhan Masyarakat Terapkan Prokes Masih Rendah

Untuk itu, lanjut Otin, Kejati Jabar harus serius dalam membongkar praktik koruptif yang semakin merajalela di Indonesia. Kasus ini, menjadi perhatian publik karena sangat keterlaluan.

Ketika pemerintah punya niat mulia untuk mendorong majunya prestasi dari para atlet penyandang disabilitas melalui anggaran besar, justru tega mengarongnya.

Tidak ada alasan, pelakunya harus dihukum seberat-beratnya.

“Aparat penegak hukum harus on the track. Yang mengintervensi atau menghalangi, bisa kena pidana. Karena merintangi proses hukum tipikor. Itu ada ketentuannya dalam UU Tipikor,” kata Orin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BII Selesaikan Program Rehabilitasi Merapi

MAGELANG-PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) melalui program tanggung jawab

Serap Rp968 Miliar, Pembangunan Kampus UIII Depok Tuntas Juni 2021

JAKARTA – Pemerintah tengah membangun Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)