Intan Fauzi: Perlu Pendampingan Medis WNI Terinfeksi Virus Corona

Anggota DPR RI Komisi IX, Fraksi PAN, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M

JAKARTA-Anggota DPR RI, Komisi IX Fraksi PAN, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M meminta pmerintah Indonesia melalui KBRI Jepang melakukan koordinasi dengan otoritas Jepang, terutama pihak yang memiliki kewenangan menangani pasien asal Indonesia yang terduga terkena virus Corona ini.

Hal ini disampaikannya sehubungan dengan 3 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kapal Pesiar Diamond Princess di Perairan Yokohama, Jepang dan positif terjangkit virus corona COVID-19.

“Tentunya kita prihatin dengan 3 WNI yang positif terjangkit virus corona COVID-19,” ujar Intan di Jakarta, Sabtu (22/2).

Menurutnya, pemerintah Indonesia perlu melakukan pendampingan secara medis, guna memastikan pasien tersebut tertangani dengan baik. Hal ini juga sebagai wujud hadirnya perlindungan Negara kepada WNI diluar negeri.

Baca :  Kemenhub Berikan Rekomendasi Kepada Daerah Melakukan PSBB

“Konstitusi kita juga menjamin bahwa setiap WNI harus dilindungi dan diberikan haknya, termasuk hak mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Intan mengatakan WNI yang terkena virus Corona ini sebaiknya dirawat di Jepang. Hal ini merupakan bagian dari proses observasi dll.

“Setelah dinyatakan sehat dan layak terbang, mereka bolehh kembali ke Indonesia dengan pendampingan dari perwakilan Pemerintah Indonesia,” tegasnya.

Namun, Wakil Rakyat Jabar VI ini meminta agar Kemenkes mempunyai prosedur tetap (protap) yang jelas untuk menanggulangi wabah virus corona dan terus melakukan sosialisasi pencegahan.

Sehingga, jangan sampai, ada wabah di luar, kemudian Indonesia tidak siap.

“Saya juga berharap Menkes Terawan bekerja keras mencegah penyebaran virus corona hingga ke Indonesia, sebagaimana statement Menkes bahwa di Indonesia tidak ada yg terinfeksi Virus Corona,” pungkasnya.

Baca :  Pemerintah Siapkan Stimulus Keringanan Beban Biaya Sektor Ekonomi Kreatif