Investasi Harus Jadi Berkah Bagi Pengusaha Lokal

investor korsel
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia

JAKARTA-Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan, setiap investasi yang masuk ke daerah-daerah harus melibatkan pengusaha lokal, terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena merekalah pengusaha sejati.

“Setiap investasi harus menjadi berkah bagi UMKM. Mereka sudah teruji bertahun-tahun, dan merekalah yang tahan uji terhadap setiap turun-naiknya gelombang perekonomian,” kata Bahlil di hadapan para Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi dan para pimpinan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dari seluruh Indonesia di Jakarta, Senin (18/11).

Menurut Bahlil, selama ini mayoritas investasi di Indonesia lebih banyak melibatkan pengusaha-pengusaha besar, sementara pengusaha lokal hanya jadi penonton. Ke depan, kondisi ini harus menjadi perhatian BKPM, karena hal ini terkait dengan penyerapan tenaga kerja.

Baca :  BKPM Kawal Investasi Otomotif Wuling

“Lebih dari itu, kebijakan seperti ini akan berkaitan langsung dengan keadilan berusaha dan kesejahteraan masyarakat umumnya,” tegasnya.

Selain pengusaha lokal, kata Bahlil, BKPM ke depan harus mengambil posisi sebagai eksekutor, bukan klinik. Ia mencontohkan Vietnam yang kini menjadi kawasan paling laris bagi investor asing, terutama asal Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Di Vietnam, lembaga investor tidak berperan sebagai klinik, tapi eksekutor. Hal inilah yang harus menjadi kebijakan BKPM hingga BKPMD ke depan dalam menarik investasi ke Indonesia.”

“Kita harus mengawal, merawat, hingga sang investor mengambil keputusan atau eksekusi untuk berinvestasi di Indonesia,” kata mantan ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), itu.

Baca :  Bahlil: Investor Cukup Datang ke BKPM, Kami Bantu Mengurus Perizinannya