Investor Asing Dominasi Pembelian Bank Mutiara

Friday 13 Jun 2014, 4 : 11 pm

JAKARTA-Mayoritas calon investor asing lolos dalam seleksi dalam tahap penilaian penawaran awal terkait divestasi Bank Mutiara.  “Tujuh calon investor lolos ke tahap uji tuntas alias due dilligence,” kata  Ahli Kebijakan Strategis dan Penanganan Bank LPS, Poltak L. Tobing, Jumat (13/6).

Menurut Poltak, sebelumnya ada sekitar 10 calon investor. Kini tinggal tujuh calon investor yang dianggap telah memenuhi dokumen sesuai syarat yang berlaku. “Sudah selesai,” ucapnya.

Lebih jauh kata Poltak,  LPS telah meminta Danareksa Securities untuk memberitahukan keputusan tersebut kepada calon investor yang dimaksud.

Sementara itu, Sekretaris LPS, Samsu Adi Nugroho menjelaskan tujuh calon investor yang lolos itu, antara lain, dari Hongkong, Malaysia, Singapura, Jepang dan dua investor lokal. “Data LPS sebelumnya,  ada dua calon investor lokal yang tidak lolos dan satu investor asing,” ujarnya

Menurut Samsu, calon investor yang tidak lolos merupakan perusahaan private equity fund. “Pertimbangannya, dokumen yang disampaikan tidak lengkap, sehingga tidak menunjukkan kemampuan untuk mengikuti proses pembelian,” terang Samsu.

Mengacu pernyataan LPS, maka semua calon investor yang merupakan bank lolos ke tahap selanjutnya. Artinya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) jadi salah satu investor yang lolos. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dirut BTN: GCG Genjot Daya Saing Perbankan Hadapi MEA

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono menilai

Pesantren Berperan Sebagai Agen Pemberdaya Ekonomi Masyarakat

BANDUNG-Pesantren  memiliki potensi besar dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pengembangan