IPW Desak Kapolda Sumbar Bertindak Tegas Usut Kasus Kematian Afif Maulana

Friday 28 Jun 2024, 1 : 54 pm
IPW Desak Kapolda Sumbar Bertindak Tegas Usut Kasus Kematian Afif Maulana
Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso. Foto: Beritamoneter.com

JAKARTAIndonesian Police Watch (IPW) mendesak Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol. Suharyono harus tegas dan tuntas mengusut kasus kematian Afif Maulana (13), siswa SMP di Padang, yang diduga tewas akibat dianiaya anggota polisi.

“Kapolri Sumbar harus tegas dan tuntas untuk memproses anggotanya yang diduga melakukan kekerasan atas kematian Afif Maulana di Padang,” kata Ketua IPW Sugeng Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (28/6).

Menurut Sugeng, Kapolda Sumbar juga harus menonaktifkan Direktur Samapta Bhayangkara (Shabara) Polda Sumbar atas kelalaiannya.

Ketegasan ini, lanjut dia, sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam surat telegram nomor ST/2162/X/HUK.2.8./2021 tertanggal 18 Oktober 2021.

Baca juga :  Geger Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Teras Majelis Taklim Nurul Hikmah

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kapolda Sumbar membantah dan melindungi anggotanya dalam kasus kematian Afif Maulana. Bahkan ingin mencari orang yang memviralkan peristiwa kematian tersebut.

Tapi keinginan tersebut, kata Sugeng, dibantah oleh IPW. Selain itu, Kompolnas, Komnas HAM turun ke lapangan mengubah situasi tersebut. Kapolda Sumber langsung melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya.

Pada Kamis (27/6), kata dia, Kapolda Sumbar mengumumkan telah memeriksa 42 anggota dan 17 anggota dari satuan Sabhara Polda Sumbar diduga melakukan pelanggaran yang menyebabkan Afif Maulana meninggal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ekspor Indonesia Oktober 2019 Meningkat

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) merilis nilai ekspor Indonesia bulan Oktober

Produk UKM Dapat Fasilitas di Tangerang Expo

TANGERANG–Pemkot Tangerang memberikan fasilitas terutama UKM untuk memasarkan produknya kepada