Jarang Terdeteksi Dini, Pahami Gejala dan Kondisi Kanker Hati

Tuesday 26 Mar 2019, 1 : 01 am
by
ilustrasi

Kesempatan Sembuh & Pengobatan Medis Kanker Hati

Data yang dilansir oleh cancer.net, penderita kanker yang didiagnosa di stadium awal dapat bertahan selama 5 tahun. Namun, jika sel kanker hati menyebar ke jaringan organ di sekitarnya atau kelenjar getah bening, persentase harapan hidup selama 5 tahun menjadi hanya 11%. Jika sel telah menyebar jauh maka kemungkinan bertahan 5 tahun menurun menjadi hanya 3%.

“Pengobatan penyakit kanker hati bergantung pada jumlah, ukuran, dan lokasi tumor dalam hati, seberapa baik fungsi hati pasien masih bekerja, ada tidaknya sirosis, dan penyebaran tumor. Selama sirosis atau tumor belum menyebar pengobatan paling optimal yang dapat dilakukan adalah operasi,” ujar dr. Chintya.

Pada penjelasan lebih lanjut, dr. Chintya mengatakan bahwa tumor yang kecil dengan ukuran kurang dari 5 cm dapat dioperasi agar tidak menyebar dan hati dapat berfungsi normal kembali. Namun, jika tindakan operasi tidak bisa dilakukan maka akan dilakukan prosedur ablasi (menggunakan ethanol hangat yang diinjeksi, atau suhu beku) untuk menghancurkan sel kanker atau melalui kemoterapi (suntikan ke arteri agar darah mampu memompa ethanol langsung ke tumor dan menghancurkannya).

Apabila kanker telah membesar atau memiliki kerusakan hati yang parah maka disarankan pasien untuk melakukan transplantasi hati. Prosedur ini dilakukan dengan mengganti organ hati pasien dengan hati yang sehat dari pendonor. “Untuk transplantasi hati ini ada kriteria yang harus dipenuhi. Perlu melihat MELD score (sistem penilaian untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit hati kronis) karena tidak semua juga ada lagi kriterianya, tidak semua tumor besar bisa transplantasi hati,” imbuh dr Chintya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Fintek ALAMI Tambah Kepercayaan Sebagai P2P Syariah Terbaik di Indonesia

JAKARTA-Perusahaan Peer to Peer (P2P) lending syariah ALAMI membuka awal

Tak Hanya Perizinan Investasi, Pemerintah Juga Harus Mudahkan Investor Jalankan Usaha

“Hal-hal seperti itu berpengaruh tentunya dan akan menjadi pertimbangan. Cuma