Jarang Terdeteksi Dini, Pahami Gejala dan Kondisi Kanker Hati

Tuesday 26 Mar 2019, 1 : 01 am
by
ilustrasi

Gaya Hidup Modern Picu Kanker Hati

Dr. Yosef kembali mengatakan bahwa pengidap kanker hati tidak hanya ditemukan pada orang lanjut usia tetapi juga ditemukan pada orang muda. Hal ini seiring dengan meningkatnya gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, karena sering begadang, kurang istirahat, dan karena faktor stres.

“Gangguan pada jam biologis tubuh sebagai efek kurang tidur dapat menyebabkan mutasi genetik yang dapat berpotensi membuat sel dalam tubuh berkembang menjadi kanker. Sedangkan ketika mengalami stres, sistem imun menjadi lemah untuk dapat merespon sel tumor dan menghambat proses perbaikan DNA. Akibatnya, proses perkembangan tumor untuk menjadi kanker terjadi lebih cepat,” jelas dr Yosef.

Selain itu, kata dr Yosef, konsumsi minuman beralkohol berlebihan dapat memicu pertumbuhan sel kanker hati karena hati harus bekerja keras menetralisir racun dalam tubuh. Ia juga mengingatkan agar penderita diabetes tipe 2 lebih berwaspada karena berpotensi menderita kanker hati. Katanya, Kelebihan gula dalam tubuh dapat memicu obesitas dan lemak yang menumpuk dapat menggangu kinerja sel hati serta memicu sel kanker untuk berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Defisit Ganda Batu Sandungan Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA-Pemerintah telah terbuai oleh capaian angka pertumbuhan ekonomi yang diklaim

Fahri Ingatkan Jokowi, Penundaan Densus Tipikor Turunkan Kredibilitas Pemerintahan

JAKARTA-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengingatkan Presiden Jokowi dan