Jatim Siap Tingkatkan Kerjasama Dengan China

Tuesday 11 Nov 2014, 8 : 31 pm
by

SURABAYA-Provinsi Jawa Timur (Jatim) siap meningkatkan kerjasama dengan China khususnya Provinsi Tianjin. Hal ini bisa dilihat nilai investasi China di Jatim dari sebanyak 249 perusahaan pada tahun 2009-2013 dengan total nilai investasi  sebesar 2.011,41 juta dollar AS dan mampu menyerap sebanyak 22.597 orang.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Akhmad Sukardi Saat menerima Ketua Parlemen Provinsi Tianjin Xiao Huaiyun beserta delegasi dagang di Ruang Kerjanya, Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Selasa (11/11).

Menurutnya, Tianjin telah menyediakan Exchange Center sebagai pusat promosi Trade, Tourism and Investment. Selain Tianjin, Jatim juga bekerjasama dengan beberapa provinsi di China antara lain Shanghai, Shandong, Guangxi dan Zhejiang.

Untuk Shanghai dan Shadong, kerjasama difokuskan pada pendidikan. Kerjasama ini, dimulai pada saat China dengan mengirimkan dua orang peserta untuk mengikuti pelatihan Bahasa Indonesia dan perikanan serta mempelajari budaya Jatim.

Sedangkan di Guangxi mengirimkan peserta untuk mengikuti Pameran China Asean Expo (CA-EXPO). “Beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke Tianjin saya melihat perkembangan kota dan perdagangan yang tumbuh pesat. Kami siap untuk meningkatkan kerjasama dagang dan bisnis antara Jatim dengan Tianjin,” imbuhnya.

Ia menambahkan, hubungan yang terjalin antara Jatim dengan China sangat positif dan berkesinambungan. “Bahkan setiap Pemprov Jatim menggelar event, China selalu berpartisipasi untuk memeriahkannya. Semoga hubungan kerjasama ini membawa dampak positif bagi peningkatan investasi dan ekonomi kedua negara,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Parlemen Provinsi Tianjin Xiao Huaiyuan mengatakan, kunjungannya ke Jatim untuk membalas kunjungan kerja yang dilakukan oleh Sekdaprov Jatim pada saat di China. “Kami berharap hasil kunjungan ini bisa menghasilkan langkah positif guna peningkatan ekonomi kedua belah pihak,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan hubungan yang baik secara terus menerus, Pemerintah Provinsi Tianjin akan meresmikan Exchange Centre sebagai pusat promosi dan pengenalan produk unggulan dari China. “Kami akan meresmikan Exchange Centre Tianjin di Jatim berlokasi di Margorejo No. 420-421 Surabaya guna menonjolkan berbagai produk agar peningkatan ekonomi bisa terus hidup,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pefindo memberikan peringkat idA kepada ERAA, dengan outlook untuk peringkat perusahaan di level 'Stabil'. Peringkat ini berlaku hingga 1 September 2022.

Pefindo Tetapkan Rating JSMR di Level Double A Minus dengan Outlook Stabil

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat PT Jasa Marga

CTP Siap Fasilitasi Pelaku Industri Hadapi Tren “Industry 4.0”

CIKARANG-Cikarang Techno Park (CTP) siap memfasilitasi para pelaku industrI yang