Jauhkan RUU Komcad Dari Pemilu 2014

Tuesday 11 Jun 2013, 7 : 05 pm
suarapembaruan.com

JAKARTA-Pemerintah harus bisa meyakinkan public, pembahasan RUU Komponan Cadangan Pertahanan Negara (KCPN) semata-mata demi pertahanan dan bela negara. Karena itu harus bisa memenuhi empat unsur.

“RUU Komcad ini sebenarnya tak ada masalah, asal pemerintah dan DPR mampu meyakinkan 4 hal pada masyarakat. Yaitu  RUU ini bukan militeristik, bukan untuk kepentingan politik 2014, dibutuhkan oleh TNI, dan untuk efesiensi,” kata pengamat militer dari Universitas Indonesia, Andi Wijoyanto dalam diskusi “RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara, biasa disebut RUU Komcad bersama anggota Komisi I DPR RI F-PDI Perjuangan, Sidharto Danusubroto, dan Koordinator Eksekutif Kontras Haris Azhar di Jakarta, Selasa (11/6)

Menuru Andi, hal lainnya yang juga perlu mendapat perhatian dari RUU Komcad ini, adalah bagaimana pemerintah bisa memberdayakan Sumber Daya Alam (SDA). “Misalnya, harus ada aturan yang bisa mengatur Jalan Tol bisa menjadi lapangan terbang. Lalu ada kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk melatih para pilot saat dibutuhkan tenaganya untuk mengangkut personil,” ujarnya.

Baca juga :  Kementan-Kementerian ATR/BPN Verifikasi Data Luas Baku Sawah

Diakui Andi, TNI menjadi komponen utama yang professional. Maka  Komcad itu di mana-mana dibutuhkan. Hanya  saja Komcad itu harus disiapkan 6 tahun sebelum perang, agar sipil benar-benar siap angkat senjata ketika terjadi perang. “Yang jadi pertanyaan adalah kapan perang akan terjadi? Kan semua tidak tahu. Namun, negara harus menyiapkan Komcad,” tuturnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Denny Siregar Donasikan Hasil Penjualan Buku Untuk Ahok

JAKARTA-Penulis Buku ‘Semua Melawan Ahok’, Denny Siregar mendonasikan hasil penjualan buku yang

OJK Siapkan Aturan Pengembangan Fintech

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang menyiapkan sejumlah regulasi untuk mengatur