Jeli Melihat Peluang, “Sampah” Kayu Sengon Diminati Korsel

Monday 2 Dec 2019, 10 : 20 am
by
Kementerian Perdagangan mengunjungi Inakor Co., Ltd di Sacheon, Korea Selatan, Kamis (28 Nov). Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan delegasi misi dagang Indonesia di Korea Selatan. Tim Kemendag diwakili Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Ari Satria dan Kepala Biro Humas, Olvy Andrianita bersama Kepala Indonesian Trade Promotion Center Busan, Ni Made Kusuma Dewi.

Saat ini jumlah impornya sebanyak satu kontainer per bulan. Selainitu, produk-produk tersebut telah tersertifikasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) karena terbuat dari kayu.

Produk-produk tersebut jugajuga telah dilengkapi dengan sertifikasi ‘food grade’dari Ministry of Foodand Drugs Safety Korea Selatan.

“Kerajinan tangan dari kayu dan produk-produk dapur/alat makan dari kayu juga memiliki prospek di Korea Selatan. Masyarakat Korea Selatan menggemari produk-produk tersebut,” kata Hartono.

Sandal Jepit

Tidak hanya limbah kayu sengon dan kerajinan dari kayu, kini Hartono tengah dalam proses mengimpor sandal jepit merek Indonesia ke Korea Selatan. “Sandal jepit yang bagi sebagian orang tidak menarik, ternyata juga menyimpan peluang ekspor. Di Korea Selatan, sandal jepit Indonesia mulai diminati,” ujar Hartono.

Hartono juga menjelaskan, produk lain yang memiliki nilai jual yang menjanjikan di pasar Korea adalah sedotan dari bambu yang ramah lingkungan.

Pesaing Indonesia adalah Filipina dan Vietnam. Namun,dengan kualitas dan konsistensi kualitas dan kontinuitas pasokan, produk asal Indonesia menjadi lebih berdaya saing.

Konsumen Korea sangat berminat dengan produk-produk ekspor Indonesia.

Inakor. Co.Ltd adalah perusahaan eksportir dan importir yang didirikan diaspora Indonesia pada September 2018. Inakor juga aktif mengikuti pameran perdagangan yang difasilitasi Kementerian Perdagangan seperti Cafeshow, Seoul Food, Entech, dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala ITPC BusanDewi menyampaikan, pihaknya berkomitmen membantu para importir di Korea Selatan yang berminat dengan produk-produk dari Indonesia.

“ITPC Busan siap membantu para importir di Korea Selatan untuk memasarkan produk-produk Indonesia ke Korea Selatan,”pungkas Dewi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Enam Propinsi Jadi Target Perluasan Tanaman Kedelai

JAKARTA-Lahan tanaman kedelai diperluas demi menggenjot produksi secara nasional. Area
waskita karya

Semester I -2019, Waskita Menerima Arus Kas Masuk Sebesar Rp 7,49 Triliun

JAKARTA-PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada Semester I tahun 2019,