Jepang Sangat Menghargai Gaji Insinyur

Thursday 23 Oct 2014, 12 : 48 pm

JAKARTA-Hasil penelitian Negeri Sakura, yang dibeberkan melalui survei badan perdagangan luar negeri Jepang (Jetro), ternyata sangat hemat dalam  hal pemberian gaji kepada karyawan. Beda dengan di Indonesia, gaji karyawannya melebihi orang Jepang.

Survei Jetro, mengungkap, apabila dianggap sama semua gaji untuk karyawan pabrik (1.0), maka variabel yang berubah untuk gaji engineer (pekerja teknik) dan variable karyawan manajemen menengah. Dari situ akan kelihatan gaji yang berbeda-beda, bukan dalam nilai mata uang.

Misalnya di Jepang, gaji karyawan pabrik 1.0, maka gaji pekerja teknik lebih tinggi dari rata-rata karyawan pabrik yaitu 1,4 kali gaji karyawan pabrik. Sedangkan gaji manajerial menengah 1,8 kali dari gaji karyawan pabrik.

Maka kalau kita lihat di Indonesia, gaji pekerja teknik (engineer) adalah 1,7 kali lebih besar dari gaji pekerja pabrik. Bahkan 3,9 lebih besar daripada gaji karyawan pabrik untuk pekerja manajerial menengah khususnya di Jakarta.

Dengan demikian gaji pekerja di Indonesia sebenarnya jauh lebih besar daripada gaji pekerja di Jepang saat ini.

Dari sembilan negara dalam daftar survei, pekerja teknik di India (2,4 kali) dan Perancis (2,4 kali) gajinya paling tinggi di antara 9 negara (Jepang, Korea, China, Indonesia, India, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman).

Sedangkan pekerja manajerial skala menengah dengan gaji tertinggi berada di India (5,2 kali lebih tinggi dari karyawan pabrik) dan Amerika Serikat (4 kali lebih tinggi daripada gaji karyawan pabrik).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sebelum Bukber, Forhati Ajak Kaum Dhufa Periksa Kesehatan

JAKARTA-Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI) menyelenggarakan safari Ramadhan dengan mendatangi pemukiman

Presiden Minta Manajemen Pengelolaan Cadangan Beras Dibenahi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar manajemen pengelolaan cadangan beras