JERCOVID-19 Buka Layanan Konsultasi UMKM Terdampak Covid-19

GKR Mangkubumi (Ketua KADIN DIY) menyerahkan bantuan masker kepada perwakilan OPD DIY

YOGYAKARTA-Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang didukung 12 asosiasi dunia usaha dan industry bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DIY telah membentuk gugus tugas bernama Jogja Economic Resilience for Covid-19 (JERCovid-19) yang terdiri dari tiga (3) tim yaitu tim Kemanusiaan, tim Data & Analisis, tim Advokasi & Recovery.

Dalam mendukung optimalisasi pencegahan penularan Covid-19 melalui anjuran untuk mengenakan masker kepada semua orang maka salah satu bentuk aksi kongkrit yang dilakukan oleh JERCOVID ini adalah memberikan dukungan masker kepada Pemda DIY.
Komitmen JERCovid-19 untuk menyumbang 100 ribu masker akan dibagi dalam beberapa gelombang.

Pada hari Senin (27/04/2020), untuk menandai dukungan percepatan penanganan Covid-19 di DIY, diserahkan 10.000 masker yang disumbang dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) kepada tiga organisasi pemerintah daerah (OPD) yaitu Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Koperasi dan UMKM.

Baca :  Pemerintah Jaga Kelangsungan Hidup IKM Otomotif

Penyerahan bantuan masker ini dilakukan oleh GKR Mangkubumi selaku Ketua Umum KADIN atas nama Gugus Tugas JERCOVID kepada para kepala dinas terkait.

Dalam kesempatan serah terima tersebut Wakil Ketua KADIN DIY, Wawan Harmawan menyampaikan latar belakang pembentukan gugus tugas JERCOVID dan rencana aksi yang akan dilakukan di DIY.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, menyambut hangat inisiatif KADIN DIY beserta elemen dunia usaha dan industri untuk berperan proaktif dalam penanggulangan pandemi covid-19.

Apresiasi disampaikan kepada JERCOVID yang ditengah persoalan untuk bertahan dalam badai pandemic ini, masih memikirkan dan berempati kepada terbangunnya kembali ketangguhan masyarakat DIY.

“Pemda DIY memiliki tiga strategi yaitu pendataan dampak pandemi covid-19, lalu penanganan masalah kesehatan, dan pemulihan social ekonomi,” jelas Tri Saktiyana.

GKR Mangkubumi dalam sambutannya berharap, agar partisipasi JERCovid-19 ini terus berkelanjutan mendorong tergeraknya semangat bangkit dan guyub di dunia usaha dan industry.

Baca :  Presiden Tinjau Kesiapan Menuju Tatanan Normal Baru di Bekasi

Menurut GKR Mangkubumi, persoalan yang dirasakan masyarakat perlu didengarkan, mungkin melalui Dinas Kominfo DIY, untuk masukan perbaikan pelayanan Gugus Tugas Covid-19 DIY.

Penyerahan bantuan masker diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Tavip Agus Rayanto sebanyak 4.000 masker, Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo sebanyak 3.000 masker, dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Srie Nurkyatsiwi sebanyak 3.000 masker.

Menurut Sekretaris Gugus Tugas JERCovid-19, Tim Apriyanto, Posko Gugus Tugas JERCOVID-19 terletak di gedung PLUT (Pusat Layanan UMKM Terpadu) Dinas Koperasi dan UMKM DIY, agar memberikan kemudahan akses bagi UMKM dan sector ekonomi informal untuk mendapatkan akses bantuan dari pemerintah.

“Dampak Covid-19 ini terhadap UMKM sangat besar, sehingga dibutuhkan strategi yang tepat dan akses yang mudah untuk membangkitkan UMKM dan usaha mikro di DIY,” ungkap Tim Apriyanto.

Baca :  Waspada Corona, JHL Solitaire Genjot Transaksi Delivery Food Service

Rencananya, di posko JERCOVID-19 ini juga akan dibuka layanan konsultasi UMKM maupun dunia usaha dan industri terdampak Covid-19.

Dinas Koperasi dan UMKM DIY akan bersinergi dengan JERCOVID-19 melakukan pendampingan melalui program pengembangan kapasitas usaha.

Acara serah terima bantuan 100.000 ribu masker sebagai pemicu aksi Gugus Tugas JERCovid-19 dalam kontribusi pada percepatan penanganan dan pemulihan pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan ini juga dihadiri oleh Penasehat KADIN DIY Robby Kusuma Harta, perwakilan tokoh Dekopin DIY Syahbenol Hasibuan, Iwan Susanto dari BPD Asosiasi Pertekstilan Indonesia DIY.

Hadir juga Irsyad Thamrin (Tim Advokasi JERCovid-19) dan tamu undangan.

“Minggu yang lalu juga telah diserahkan bantuan Alat Perlindung Diri (APD) kepada RSUP Sardjito oleh JERCovid-19”, tutup Y. Sri Susilo, Humas Gugus Tugas JERCovid-19.