Jokowi: Alihkan Dana Rp 40 Triliun Untuk Topang Daya Beli Masyarakat

Tuesday 17 Mar 2020, 1 : 03 am
by
Presiden Joko Widodo

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan (Menkeu) agar segera mengalihkan dana Rp40-an triliun untuk program-program yang berkaitan langsung dengan konsumsi atau daya beli masyarakat, baik petani, nelayan, pekerja, buruh, usaha mikro, dan usaha kecil.

Kepala Negara juga mengingatkan kepada Menteri Desa dan PDTT serta Menteri Dalam Negeri agar mengarahkan semua kepala daerah, semua kepala desa, yang berkaitan dengan Dana Desa agar diarahkan kepada cash for work, padat karya.

“Sehingga masyarakat desa bisa menikmati Dana Desa sebesar Rp72 triliun. Ini, diarahkan ke sana, jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak menyasar pada konsumsi masyarakat, tidak menyasar pada daya beli masyarakat,” imbuh Presiden pada bagian lain pengantar pada Rapat Kabinet secara daring, Senin (16/3).

Berkaitan dengan Kartu Prakerja, Presiden mengharapkan hari ini organisasinya sudah selesai dan pada minggu ini kartu tersebut sudah bisa dijalankan karena menyangkut uang yang tidak sedikit, Rp10-12 triliun.

“Saya kira perpres-nya sudah ada, organisasinya segera diselesaikan, sehingga Kartu Prakerja itu bisa segera dimulai dan segera bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Mengenai PKH tahap kedua, kepada Menteri Sosial, karena juga menyangkut uang yang besar, Presiden minta agar segera dimulai.

Kalau bisa, Presiden minta apakah ada kemungkinan Menteri Keuangan menambah besaran dari PKH ini sehingga akan memperkuat daya beli, akan memperkuat konsumsi masyarakat dalam belanja jadi diharapkan pertumbuhan ekonomi tidak terlalu besar turunnya.

“Saya kira ini juga sebuah kerja jarak jauh yang saya nilai juga sangat efektif dalam rangka tetap kita bekerja keras menyelesaikan persoalan-persoalan Virus Korona maupun perlambatan pertumbuhan ekonomi,” pungkas Presiden seraya menyampaikan jika ada yang ingin disampaikan dapat langsung diberitahukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank Danamon Bagi Dividen Rp1,2 T

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Danamon Indonesia,

BI Yakin Neraca Transaksi Membaik

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memperkirakan nilai transaksi berjalan di kuartal I-2013