Jokowi Bertemu SB, Godok Calon Anggota KEIN

Thursday 10 Sep 2015, 8 : 15 pm
by

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menggelar pertemuannya dengan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/9). Pertemuan ini membicarakan masalah ekonomi dan investasi, termasuk rencana pembentukan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). “Ya, ya itu, bicara masalah ekonomi, masalah investasi, dan masalah industri,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan yang mencegatnya di sela-sela blusukan menyerahkan paket bahan pokok kepada warga di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta, Selatan, Kamis (10/9).

Menurut Presiden, pertemuan dengan pengusaha asal Pekalongan ini sebatas menggodok nama calon anggota KEIN ini. KEIN sendiri akan dibentuk dalam waktu dekat. “Tapi belum, belum keputusan, masih akan kita godok lagi,” ujarnya.

Presiden Jokowi mengakui rencana pembentukan KEIN itu, karena pemerintah ingin fokus ke industri. “Yang dibutuhkan adalah industrialisasi dan hilirisasi,” tutur Presiden.

Menuju Negara Industri

Sementara itu, Soetrisno Bachir sendiri dalam keterangannya kepada wartawan mengakui jika pertemuannya dengan Presiden Jokowi membahas mengenai pembentukan lembaga yang dulu bernama Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Namun, kata SB dengan tokoh ini dipanggil, lembaga tersebut bukan hanya berfokus pada ekonomi tetapi juga industri. Karena itu, namanya kemungkinan KEIN.

Lembaga baru itu, jelasnya bertujuan mendorong Indonesia ke arah negara industri, sesuai dengan yang diinginkan oleh pemerintah. Artinya nanti akan disiapkan sebuah formulasi atau saran di berbagai kebijakan oleh KEIN. “Kita akan menuju negara industri jadi hilirisasi, manufaktur, sehingga negara kita tak hanya jadi negara impor saja, tetapi memproduksi,” jelas Soetrisno.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPCM Bukukan Laba Rp 84 Miliar

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) secara konsisten membukukan

Huawei Pacu Laju Transformasi Digital di Seluruh Asia Pasifik

TIONGKOK-Pandemi COVID-19 yang telah mengubah dunia akan diingat sebagai salah