Jonan: Pasokan BBM dan Listrik ke Tempat Wisata Aman

Monday 24 Dec 2018, 10 : 37 pm
by
Menteri ESDM, Ignasius Jonan

SURABAYA-Menteri ESDM Ignasius Jonan memastikan pasokan BBM dan listrik menyambut Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman, termasuk daerah tujuan wisata seperti Labuhan Bajo. Hal ini disampaikanya saat melakukan kunjungan kerja ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya dan PLN Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali di Waru, Sidoarjo, Senin (24/12).

Saat kunjungan tersebut Jonan turut didampingi Kepala BPH Migas Fansurullah Asa, Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina Gandhi Sriwidodo, dan Direktur PLN Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Djoko Rahardjo Abumanan.

“Tolong dipastikan benar jangan sampai kurang (kesediaannya), baik BBM untuk darat,laut maupun udara. Diantisipasi kesediaan avtur untuk daerah wisata, terlebih untuk Nusa Tenggara yang sekarang jadi pusat destinasi wisata,” ujar Menteri Jonan dalam kunjungannya ke TBBM Surabaya.

Jonan menyebut,untuk saat ini BBM di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman dan tidak ada kendala penyediaan.

“Ada disiapkan Pertamina 5 mobil dispenser, 7 kios K Pertamax dan 4 buffer tank BBMuntuk antisipasi libur panjang.  Sementara untuk nasional, 50 mobil tanki BBM,16 mobil dispenser, 27 kios K Pertamax hingga 26 motoris disediakan di sepanjang jalur mudik,” jelas Jonan.

Sementara itu, Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina  Gandhi Sriwidodo menyampaikan, mangantisipasi libur Natal dan Tahun Baru, di wilayah MOR V (Jawa Timur, Bali dan NusaTenggara) telah menyiapkan pasokan yang diperkirakan naik sebesar 7% untuk produk gasoline (premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo), sementara solardan variannya turun sekitar 2,3% dibanding kondisi normal.

“Dibandingkan masa satgas tahun lalu, ini mengalami peningkatan, gasoline 10% dan gasoil 23%,” ungkap Gandhi.

Gandhi mengungkapkan, ketahanan stok BBM di wilayah MOR V dalam kondisi aman, dengan rata-rata ketahanan stok Premium 23,1 hari, Pertamax 18 hari, Pertamax Turbo23,4 hari, Solar 9,3 hari dan Pertadex 151,8 hari.

Untuk mendukung kelancaran penyaluran selama momen Natal dan Tahun Baru kali ini, lanjut Gandhi, Pertamina telah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas sejak tanggal 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Tingginya aktivitas udara di libur panjang ini juga memicu kenaikan konsumsi Bahan BakarPesawat Udara (Avtur), yang diperkirakan naik 4% (4070 KL) dibandingkan tahun 2017-2018 (3900 KL). Pertamina juga telah melakukan antisipasi kenaikan konsumsi dengan menyiapkan armada pengisian avtur ke pesawat di DPPU Juanda Surabaya sebanyak 10 refueller dan 6 hydrant dispenser serta di DPPU Ngurah RaiBali sebanyak 6 refueller dan 6 hydrant dispenser.

Pasokan Listrik Jelang Natal Aman

Terkait kondisi kelistrikan di wilayah tersebut, Jonan menyebut pasokan listrik Jatim, Bali dan Nusa Tenggara dalam kondisi aman, demand cenderung turun karena aktivitas industri libur.

“Harapan saya tidak ada pemadaman atau perawatan khususnya di Bali Labuan Bajo selama libur Natal dan Tahun Baru, kalau bisa digeser jadwalnya seminggu ke depan. Tingkatkan pasokan di tempat-tempat wisata,” ungkap Jonan saat meninjau GIS (Gas Insulated Substation) 150 kV di Waru, Sidoarjo.

Sementara itu, Djoko Rahardjo Abumanan melaporkan prakiraan beban puncak kelistrikan JawaTimur, Bali dan Nusa Tenggara mengalami penurunan karena liburnya kantor dan industri.

“Beban puncak Jawa Bali di hari Natal dan Tahun baru sekitar 22GW (GigaWatt),” ujarnya.

Mengamankan pasokan ketenagalistrikan, Djoko mengungkapkan bahwa PLN melayani 24 jam

.”Kami stanby tidak mengenal libur, semua personel siap mengamankan pasokan listrik Natal dan Tahun baru ini,” tandas Djoko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kasus Tolikasi Bisa Ancam Keutuhan NKRI

JAKARTA-Kerusuhan Tolikara dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk merusak

Menhub Pantau Langsung Arus Balik Mudik di Bandara Soetta

TANGERANG-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung aktifitas arus