KADIN Harus Berpihak ke Pelaku Usaha

Tuesday 3 Dec 2013, 8 : 26 pm
by

JAKARTA-Wakil Menteri Perindustrian (Kemenperin) Alex SW Retraubun  berharap agar  kepengurusan Kamar Dagang Indonesia (KADIN)  mampu mengubah citra dirinya menjadi organisasiyang benar-benar berpihak kepada semua pelaku usaha. “KADIN mampu menjadi fasilitator yang memperjuangkan berbagai hal yang selama ini menjadi hambatan bagi IKM seperti dalam akses permodalan, suku bunga pinjaman bank yang masih tinggi, teknologi, pemasaran,dan sebagainya,” jelas dia di Jakarta, Selasa (3/12).

Selain itu kata dia, sebagai sebuah organisasi yang banyak didominasi pengusaha yang berlatar belakang pengusaha besar, maka KADIN perlu terus mendorong pengembangan program-program kemitraan antara pengusaha besar dengan pengusaha IKM.

Untuk itu, Wamenperin berharap KADIN dapat lebih meningkatkan keberadaannya dalam membina dan memfasilitasi para pelaku IKM sehingga mereka dapat berkembang menjadi lebih maju dan mandiri. ”Sektor IKM, janganlah dipandang sebagai pesaing bagi usaha besar akan tetapi justru menjadi mitra bisnis yang dapat bersinergi untuk memperkuat industri besar,” kata dia.

Pemerintah lanjut dia telah berupaya melakukan peningkatan kemampuan SDM IKM melalui berbagai macam pelatihan dan dampingan serta memberikan fasilitasi bantuan mesin peralatan baik program revitalisasi maupun program restrukturisasi untuk dapat meningkatkan produktivitas IKM. Selain itu, Kementerian Perindustrian telah banyak membantu para IKM untuk melakukan promosi dengan memfasilitasi keikutsertaan pada pameran baik di dalam maupunluar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jaga Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Kemendag Lepas Ekspor Produk Tisu

MOJOKERTO-Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya mendongkrak laju ekspor produk nonmigas

Dana Desa Berkontribusi Dalam Pencapaian SDGs

NUSADUA-Program Dana Desa yang disalurkan Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun