Kadin Indonesia Teken MoU Dengan JETRO Perkuat Kapasitas UMKM

Thursday 4 Jul 2024, 11 : 04 pm
Chairman of JETRO, Ishiguro Norihiko (kiri) memberikan cinderamata kepada Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. Nota Kesepahaman ini menjadi basis kolaborasi antara Kadin Indonesia dan Jetro untuk mendorong kolaborasi Wiki Export, yaitu program dan platform yang akan meningkatkan kapasitas bisnis UMKM melalui sertifikasi ekspor dan pelatihan yang juga akan diluncurkan pada 22 Juli 2024 mendatang di Jakarta

TOKYO – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Japan External Trade Organization (JETRO) untuk memperkuat kerja sama dalam peningkatan ekspor nasional dan akses pasar bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional.

Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan meningkatkan partisipasi UMKM yang ‘naik kelas’ berdaya saing global dan berorientasi ekspor melalui program WikiExport.

WikiExport merupakan inisiatif yang dikembangkan Kadin Indonesia sejak Oktober 2022 bersamaan dengan Gerakan Kemitraan Inklusif.

Bekerja sama dengan JETRO, inisiatif ini merupakan upaya pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM termasuk dalam membuka askes pasar global.

WikiExport Jepang juga menjadi program legacy B20 yang bertujuan menjembatani UMKM Indonesia dengan perusahaan-perusahaan Jepang yang membutuhkan pasokan produk-produk Indonesia.

Baca juga :  CBA Endus Bau Korupsi Proyek Rp 1,8 Triliun di Kemenristekdikti

“Peran dan kontribusi UMKM sangat penting untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8%. Bertumbuhnya UMKM yang berorientasi ekspor turut memperkuat fundamental perekonomian nasional. Selain itu, semakin luasnya akses pasar UMKM juga akan meningkatkan nilai perdagangan ekspor. Oleh karena itu, meningkatnya kolaborasi dan investasi dalam pengembangan kapasitas UMKM sebagai bagian dari rantai pasok juga menjadi penting,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

Arsjad menambahkan, penandatanganan MoU Kadin Indonesia dengan JETRO menjadi dasar kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan, sekaligus mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia dan Jepang, termasuk UMKM yang ingin mengembangkan pasar di kedua negara.

Kerjasama dengan JETRO dapat meningkatkan keberhasilan dan peningkatan volume ekspor UMKM ke Jepang.

Baca juga :  Dukung Car Free Day, J&T Express Bidik Pelanggan Pasar Online Tangerang

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid dan Chairman of JETRO, Ishiguro Norihiko. MoU antara Kadin dan Jetro antara lain mencakup kerja sama dalam pengembangan materi dan pemberian pelatihan ekspor bersertifikat, penyediaan platform layanan informasi 24 jam bagi UMKM,  serta kolaborasi dalam hal riset dan pengembangan networking dan business matching.

Pasca penandatangan MoU hari ini, Kadin Indonesia akan menggelar launching resmi sertifikasi dan pengembangan ekspor pada 22 Juli 2024 mendatang di Jakarta Convention Center.

Sebagai bagian dari MoU, Kadin Indonesia dan Jetro juga akan menggelar business matching kedua di Jepang pada November 2024, untuk mempertemukan UMKM Indonesia dengan sejumlah potential buyer maupun perusahaan Jepang.

Baca juga :  Capres Sebaiknya Pro Kemandirian Ekonomi

Pada tahun lalu, Kadin Indonesia dan JETRO berkolaborasi menggelar business matching di Tokyo, Jepang dengan membawa 9 UMKM Indonesia yang telah menyelesaikan pelatihan ekspor melalui WikiExport dan lolos kurasi.

Mereka adalah Pipiltin Cocoa, Alko Sumatra Kopi, Sukkha Citta, Shiroshima, House of Tea, Balista Coffee Liqueur, Sambal Pecah, Jamune, dan Ohana Mie.

Kegiatan ini diharapkan telah membukukan ekspor UMKM ke Jepang sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat.

Adapun hingga saat ini tercatat lebih dari 200 UMKM yang sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan ekspor bersertifikat melalui program WikiExport.

Program ini disponsori oleh PT. HM Sampoerna Tbk sejak tahun 2020 hingga saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF

BEI Suspensi Perdagangan Saham SMMT

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk memberikan sanksi penghentian

Kemenperin dan Pemda Dukung Peran IKM Topang Program P3DN

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong peran industri kecil dan menengah (IKM)