Kalangan Buruh Dukung Duet Jokowi-Rizal Ramli

Friday 2 May 2014, 1 : 01 pm
waspada.co.id

JAKARTA-Kalangan buruh menginginkan cawapres Jokowi dari sosok yang memiliki pemikiran untuk menyejahterakan kehidupan buruh. Karena itulah bagi kaum buruh, Rizal Ramli dianggap paling layak diusung untuk mendampingi Jokowi.
“Figur ini bersih, punya kompetensi, memiliki jaringan internasional yang luas, memahami seluk beluk ekonomi, dan bertipe  operational leadership serta aplikatif terhadap ajaran Bung Karno,” kata Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman (FSP RTMM) SPSI 1973, Muhammad Sindhu kepada wartawan, Jumat, (2/05/2014)

Menurut Sindhu, Menteri Koordinator Perekonomian  era Presiden Gus Dur itu dinilai memiliki pengalaman, kapabilitas, dan integritas sebagai cawapres siapa pun capresnya. “Rizal Ramli memiliki komitmen dan memperjuangkan komitmennya sejak mahasiswa, memegang teguh ideologi Bung Karno. Dalam pidato dan pernyataannya Bung Rizal sangat cerdas dan memiliki visi ke depan,” ujar Sindhu lagi

Sebelumnya Koordinator tim sukses Jokowi for president, Jasmev Kartika Joemadi menyatakan secara chemistery duet Jokowi-Rizal Ramli sangat cocok. “Pak Jokowi merasa nyaman dengan Rizal Ramli. Satu visi dan pemikirannya jauh ke depan,” ujar Kartika kepada  wartawan.

Meski begitu, lanjut Kartika, siapa yang akan menjadi pendamping Jokowi, hingga kini belum diputuskan. Melanjutkan pernyataannya Sindhu mengatakan, Rizal Ramli dapat melengkapi kemampuan Jokowi.

Dikatakannya, selain kemampuan dalam bidang ekonomi, Rizal Ramli juga memiliki rekam jejak yang baik. Selama ini dengan berbagai jabatan yang pernah diemban, ekonom lulusan Boston University itu tak memiliki catatan terkait kasus apapun. Selain itu, Rizal Ramli bukanlah tokoh yang berasal dari partai. “Untuk menyelamatkan bangsa ini sebaiknya calon wakil presiden berasal dari tokoh non-partai karena Kita tahu politik transaksional saat ini sangat kental,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal yang menyatakan Rizal Ramli memiliki kemampuan untuk menjadi cawapres. Dikatakan Said, presiden dan wakil presiden terpilih nantinya tidak hanya memimpin Indonesia, tetapi juga harus mampu menguasai ekonomi makro terutama dalam dunia internasional. “Rizal Ramli memiliki kemampuan itu. Beliau mantan birokrat yang pernah menjadi Menteri Keuangan, Menko Perekonomian, Kepala Bulog dan saat ini menjadi penasihat PBB,” paparnya.

Sementara itu peneliti senior dari Lingkar Survei Perjuangan (LSP) I Gede Aradea Permadi Sandra berpendapat, Jokowi dipastikan bakal kalah telak dan ditinggalkan oleh para pendukungnya dalam Pilpres mendatang kalau berpasangan dengan figur cawapres yang merupakan anasir KKN, bagian dari masalah, dan usianya jauh lebih tua dari Jokowi sendiri.

Figur Jokowi yang selama ini dikenal pro rakyat dan image PDIP sebagai partai rakyat jelata dan sikap kenegarawanan Megawati sebagai queen maker akan jatuh dan ternoda jika berpasangan dengan figur seperti itu. Apalagi kalau hanya didasarkan pada pertimbangan transaksional. “Itu merupakan langkah mundur yang akan membuat rusak citra Jokowi, Megawati, dan PDIP,’’ tandas Gede Sandra. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Survei BI: Penjualan Eceran Tetap Tumbuh Positif

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada Agustus 2019 tumbuh

Presiden Luncurkan Program Literasi Digital Nasional

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi meluncurkan Program Literasi Digital