Kalau Tak Ada Turbulensi Politik, Presiden Optimistis Pendapatan Perkapita Tembus 23 Dollar AS

Monday 25 Nov 2019, 1 : 14 pm
by
Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri berfoto bersama 22 peneliti muda Indonesia di Korsel, di Lotte Hotel, Busan, Senin (25/11)

KORSEL-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keyakinannya terhadap kalkulasi Bank Dunia, IMF dan McKenzie yang menempatkan ekonomi Indonesia masuk ke 4 besar ekonomi terkuat di dunia.

“Saya meyakini itu akan mencapai titik itu. GDP nominal, GDP PDB kita nomor 4 perkiraan nanti income per kapita kita sudah mencapai 23 ribu sampai 29 ribu dolar AS per tahun. Kalau sekarang UMK kita baru Rp2 juta sampai Rp3 juta. Nantinya Rp23 juta rupiah per bulan,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan 22 peneliti muda Indonesia di Korea Selatan (Korsel), di Hotel Lotte, Busan, Senin (25/11) pagi.

Menurutnya, lompatan yang sangat besar akan terjadi jika pekerjaan besar itu dilalui sesuai tahapan yang benar tanpa gangguan turbulensi politik.

“Jangan sampai stabilitas politik, stabilitas keamanan itu ada seperti ini terus. Seolah-olah perhitungan itu tidak akan meleset karena yang menghitung bukan saya pribadi dan tentu saja tantangan-tantangan kita besar sekali,” terang Presiden.

Sekarang ini, lanjut Presiden Jokowi, pemerintah tengah membangun trust dari negara-negara lain. “KIta ingin tunjukkan meskipun ekonomi dunia yang babak belur semuanya,” jelasnya.

Presiden menyebutkan, pertumbuhan ekonomi domestik masih bertahan di atas 5 persen lebih. “Kalau angka itu terus bisa kita pertahankan, kepercayaan negara lain bisa benar benar melihat kita mengkalkulasi kita dan timbul trust,” jelasnya.

“Itulah yang kita tunggu-tunggu sebetulnya sehingga harus mudah mengalir, FDI/Foreign Direct Investment juga terus itulah nanti kita harapkan bisa mempercepat, bisa maju lebih depan lagi, kita bisa ke 4 besar ekonomi dunia,” tutur Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

"XL Axiata sangat antusias dengan rencana pembukaan kembali pariwisata. Untuk itu, jaringan XL Axiata sudah kami siapkan guna menyambut segala keperluan mendukung kembalinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara

Tumbuhkan Pelanggan Fiber Optic, EXCL Kenalkan Layanan Konvergensi Pertama

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengenalkan layanan konvergensi pertama di

Penerapan Sanksi Larangan Mudik Efektif 7 Mei 2020

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B.