Kasus Tambang Liar, FPKB Desak Usut Pembunuh Salim Kancil

Tuesday 29 Sep 2015, 4 : 00 pm
liputan6.com

JAKARTA-Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) mendesak pemerintah mengusut tuntas aksi berdarah terkait penolakan penambangan pasir liar di Kecamatan Pasiran, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Aksi tersebut menyebabkan aktivis Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Salim Kancil tewas. “Kami mengutuk keras aksi biadab melanggar hukum dan tidak berperikemanusiaan itu,” kata Sekretaris FPKB DPR RI Jazilul Fawaid pada wartawan di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurut Wakil Ketua Badan Anggaran DPR prihatin dengan peristiwa tersebut. “Kami keluarga besar PKB sangat prihatin dan menyampaikan bela sungkawa kepada korban dan keluarga yang mendalam baik Salim Kancil maupun Tosan,” tegasnya.

Karena itu kata Jazil – sapaan akrab Jazilul Fawaid, pihaknya mendesak pemerintah segera mengusut tuntas agar kasus itu tidak terulang lagi. “Itu penting, karena aparat di desa itu telah gagal melindungi warganya, sehingga aparat terkait juga harus disanksi. Negara ini negara hukum, bukan ‘hukum rimba’ dan main hakim sendiri,” ujarnya kecewa.

Menurut Jazil, atas peristiwa itu negara telah abai dan tidak hadir menghadapi warganya yang sedang dianiaya oleh pelanggar hukum. “Jadi, jangan sampai negara gagal dan abai terhadap seorang petani kecil seperti Salim Kancil dan Tosan. Negara jangan sampai tidak hadir dan membiarkan tindakan yang biadab dan brutal itu,” imbuhnya.

Salim Kancil dan Tosan menolak penambangan pasir liar di Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasiran, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, lalu dikeroyok oleh sekitar 40 orang pro penambangan. Akhirnya Salim tewas dan Tosan mengalami luka-luka berat. Salim dan Tosan juga aktivis Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Desa. **aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Atasi Kemarau, Ini Langkah Strategis Kementan Amankan Produksi Pangan

JAKARTA-Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyiapkan langkah

Penjualan Tertekan, Laba Sido Muncul Turun 18,58% per September 2023

JAKARTA-PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) atau