Keluarga Penumpang Minta Agar Pperasi SAR MH370 Diteruskan

Tuesday 1 Apr 2014, 11 : 35 am
by

KUALA LUMPUR- Utusan khusus  Indonesia yang juga Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Bidang Polhukam Wiwiek Setyawati Firman elah mengadakan pertemuan dengan Acting Menteri Perhubungan Malaysia, Hishamuddin di Kuala Lumpur. Acting Menteri Transportasi didampingi oleh Panglima Tentara Darat, Panglima Tentara Udara, Direktur Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia dan CEO Malaysia Airlines (MAS). Sementara Utusan Khusus Pemerintah Indonesia didampingi oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kemenlu, dan Direktur Hukum Kemenlu.

Tujuan kunjungan Utusan Khusus Pemerintah RI ke Malaysia adalah untuk menyampaikan dukungan dan komitmen Indonesia untuk terus membantu Malaysia, menyampaikan perhatian keluarga penumpang MH 370 dan meminta update terakhir operasi SAR pesawat MH 370 yang telah hilang sejak tanggal 8 Maret 2014. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut, Utusan Khusus menyampaikan bahwa Indonesia memahami kesulitan dan kompleksitas operasi pencarian. Di sisi lain, pihak keluarga dari tujuh penumpang asal Indonesia meminta agar operasi pencarian dapat terus dilanjutkan sampai ditemukannya bukti konkrit keberadaan pesawat MH370.

Atas kunjungan ini, Hishamuddin menyampaikan rasa terima kasih Pemerintah Malaysia kepada Indonesia atas dukungan yang telah diberikan sejak hari pertama operasi SAR dimulai. Menurutnya, dukungan Indonesia sangat krusial karena operasi SAR MH 370 dapat berlangsung lama.

Hishamuddin memberikan jaminan bahwa operasi SAR MH 370 akan terus dilanjutkan dan menjaga jalinan komunikasi yang lebih baik dengan pihak keluarga melalui KBRI Kuala Lumpur dan MAS. Hingga saat ini terdapat 6 satelit yang menangkap citra obyek diduga terkait MH370 di Samudera Hindia, namun sampai saat ini belum ada yang dikonfirmasi berasal dari pesawat MH 370. Hishamuddin menegaskan bahwa operasi pencarian bersifat multinasional yang melibatkan 26 negara dan oleh karena itu tidak ada informasi apapun yang disembunyikan.

Terkait dengan hak-hak penumpang berupa asuransi dan kompensasi, MAS menyatakan kesiapannya untuk memberikan hak tersebut kepada pihak keluarga jika telah terdapat kepastian penemuan pesawat. MAS juga siap menerbangan keluarga ke titik terdekat jika keberadaan MH370 telah diketahui.

Selain dukungan pesawat dan kapal pencari, hingga hari saat ini Indonesia juga telah mengeluarkan flight clearance untuk 94 pesawat dari 9 negara untuk memfasilitasi operasi SAR MH 370 di Samudera Hindia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Buku yang berasal dari disertasi tersebut menyajikan dua teori, tentang Filsafat Pancasila dan tentang Demokrasi Pancasila.

Bamsoet Apresiasi Buku ‘Pancasila Dasar Filsafat Bangsa Indonesia’ Karya Yoseph Umarhadi

JAKARTA-Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut hangat hadirnya buku karya
kondisi stabilitas sistem keuangan berdasarkan data September 2021 masih terjaga, dengan kinerja yang terus bertumbuh positif tercermin dari pertumbuhan kredit dan penghimpunan dana di pasar modal

OJK: Jumlah Calon Emiten di Pipeline IPO 2022 Sebanyak 57 Perusahaan

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, hingga 11 Juni 2022 terdapat